Berita Kaltara Terkini

Virus Corona Varian Delta Terdeteksi di Kaltara, Jubir Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Lakukan Ini

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi
Editor: Sumarsono
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara, Agust Suwandy

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Virus Sars-CoV-2 varian B 1617.2 atau varian Delta, kini telah terdeteksi di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Info ini didapatkan dari hasil pemeriksaan Litbangkes Kemenkes RI pada Senin lalu, atas spesimen yang dikirim dari lima Kabupaten/Kota di Kaltara, pada 24 Juni sebelumnya.

Dari 32 yang dikirim dan 12 spesimen yang berhasil diperiksa, 8 spesimen diantaranya positif Covid-19 dan memiliki varian Delta.

Baca juga: Waspada, Virus Corona varian Delta Sudah Ditemukan di Kalimantan Utara, Terbanyak di Tana Tidung

Hal tersebut diungkapkan oleh Jubir Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy dalam rilis resminya, Selasa (20/7/2021).

Pihaknya pun, meminta warga Kaltara untuk lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Mengingat virus corona varian Delta, diketahui lebih cepat menular, dan memiliki gejala lebih berat dibandingkan varian lainnya.

"Tentunya dengan penemuan 8 varian Delta, yang menurut pendapat ahli cenderung lebih kuat penularannya, maka dimungkinkan telah terjadi penyebaran pada kontak erat lainnya," ujar Jubir Satgas Covid-19 Kaltara Agust Suwandy.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Masjid Agung Malinau Langsung Disemprot Disinfektan Usai Salat Idul Adha

"Selalu membiasakan mencuci tangan terutama dengan air mengalir dan sabun, selalu menjaga jarak ketika berinteraksi, menghindari berkumpul dengan banyak orang serta mengurangi mobiltas yang tidak begitu penting," tambahnya.

Lebih lanjut, Agust meminta agar masyarakat mulai mengenakan masker dua lapis, guna mengurangi kemungkinan transmisi virus.

"Pakailah selalu masker dalam setiap kesempatan, dianjurkan untuk memakai masker berlapis dua, untuk mengurangi kemungkinan transmisi virus dari orang lain," katanya.

Halaman
12