Berita Nunukan T

Masuknya PMI Ilegal ke Nunukan, Bupati Asmin Laura Sebut Masalah Administrasi hingga Beban Sosial

Penulis: Febrianus Felis
Editor: Sumarsono
Bupati Nunukan Asmin Laura saat talkshow bersama TribunKaltara.com dengan tema 'Dilema Kedatangan PMI dari Malaysia dan Kebijakan PPKM di Nunukan', berlangsung secara virtual, Jumat (30/07/2021), pagi.

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Bupati Nunukan Asmin Laura menyebut dilema dengan kedatangan Pekerja Migran Indonesia ( PMI) dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur ilegal di wilayah Nunukan.

Hal itu dia sampaikan dalam talkshow virtual bersama TribunKaltara.com dengan tema 'Dilema Kedatangan PMI dari Malaysia dan Kebijakan PPKM di Nunukan', Jumat (30/07/2021), pagi.

"Kita semua tentu berharap agar PMI dari Malaysia bisa mengikuti prosedur yang berlaku baik di negara Malaysia, maupun saat kembali ke tanah air Indonesia.

Masalah kembalinya PMI melalui jalur ilegal ini mulai meningkat saat Malaysia terapkan lockdown akibat pandemic Covid-19," kata Asmin Laura.

Baca juga: Nekat Susul Istri ke Indonesia Walau Tak Miliki Paspor, WNA Asal Malaysia Ditangkap Imigrasi Nunukan

Menurutnya, masuknya PMI ke Indonesia melalui 'jalur tikus' wilayah Nunukan memberikan dampak yang buruk di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV.

Bagaimana tidak, kata Asmin Laura PMI yang masuk Nunukan melalui jalur ilegal sudah pasti tidak mengantongi keterangan  hasil swab PCR.

"Menjadi masalah PMI yang kembali ke Nunukan melalui jalur ilegal. Padahal kita lagi pengetatan pintu masuk. Banyak yang lewat Pulau Sebatik, Sei Menggaris, dan juga Krayan.

Awalnya sempat bingung nanganinya. Karena kita punya banyak jalur ilegal. Mau tidak mau kita harus urusin," ucapnya.

Baca juga: Puluhan WNI dari Malaysia Dipulangkan ke Tanah Air, BP2MI Nunukan: PMI Karantina 8 Hari di Rusunawa

Apalagi Asmin Laura khawatir kedatangan PMI jalur ilegal itu justru menjadi faktor tingginya lonjakan kasus Covid-19 di Nunukan.

Terlebih jumlah kasus positif Covid-19 di Nunukan dalam empat minggu terakhir ini meningkat signifikan.

Halaman
123