Berita Malinau Terkini

PPKM Level 3 Diperpanjang Lagi, BOR dan Penggunaan Oksigen di RSUD Malinau Mulai Melandai

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Amiruddin
Suasana pelayanan kesehatan di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. (TribunKaltara.com / Mohammad Supri)

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU – Pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat atau PPKM di Kabupaten Malinau kembali diperpanjang selama dua pekan, Kamis (9/9/2021).

Berdasarkan Inmendagri 41/2021, Kabupaten Malinau dan 3 kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Utara masih dikategorikan sebagai wilayah kriteria PPKM Level 3 hasil asesmen Kementerian Kesehatan RI.

Baca juga: Daftar Kota/Kabupaten yang Masih Berlakukan PPKM Level 2-4, Diperpanjang hingga 13 September 2021

Dalam rapat bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Direktur RSUD Malinau, Ni Putu Ria Citrawati melaporkan perkembangan penanganan pasien konfirmasi di fasilitas kesehatan tersebut.

Dibandingkan pada bulan Juli dan Agustus 2021 lalu, terjadi penurunan kasus konfirmasi dan pasien yang dirawat inap di RSUD Malinau.

“Di RSUD Malinau disiapkan 51 tempat tidur khusus pasien Covid-19. Jika dibandingkan dari bulan sebelumnya, bulan ini cenderung melandai,” ujarnya.

Periode Agustus 2021, Bed Occupancy Rate di RSUD Malinau terdata paling tinggi pada masa transisi bulan Juli – Agustus yakni sekira 54,99 persen. Tingginya persentase BOR berdampak pada penutupan sejumlah layanan regular di RSUD.

Memasuki awal September 2021, BOR atau tingkat keterisian tempat tidur menurun di angka 17,65 persen. Akhir Agustus, RSUD Malinau kembali membuka layanan pasien rujukan yang sebelumnya sempat dihentikan sementara.

“Karena kasus Covid-19 menurun di awal September 2021, BOR Covid-19 dan pemakaian oksigen di RSUD Malinau juga melandai. Jumlah tabung oksigen kita ada 197 tabung,” ungkapnya.

Akumulasi jumlah tempat tidur di RSUD Malinau berjumlah 158 bed. Sebanyak 51 bed diperuntukkan untuk pasien Covid-19, dan 107 untuk penanganan pasien regular non Covid-19.

Baca juga: PPKM Level 3 Diperpanjang Hingga 20 September, Bupati Bulungan: Meski Sudah Vaksin Harus Taat Prokes

10 Cara Pencegahan Virus Corona

Halaman
12