Berita Tarakan Terkini

Pertama Kalinya Kota Tarakan Laksanakan Vaksinasi Ibu Hamil, Sasar 387 Orang, Antrean Sepi 

Penulis: Andi Pausiah
Editor: Junisah
Vaksinasi bagi ibu hamil perdana dilakukan di Gedung Wanita, Jumat (24/9/2021).

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Kegiatan vakasinasi untuk ibu hamil pertama kali dilakukan di Kota Tarakan di Gedung Wanita, Jumat (24/9/2021).

Kegiatan vaksinasi dimulai sejak pukul 08.00 WITA. Kali ini target sasaran untuk ibu hamil sebanyak 387 orang dengan usia kehamilan 13 minggu sampai dengan 28 minggu.

Dikatakan Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, awalnya pendataan dilakukan oleh rekan-rekan yang bertugas di puskesmas.

Baca juga: Vaksinasi Siswa Digelar di Sekolah, Dinkes Malinau Ungkap Stok Sementara Tercukupi 50 Persen Sasaran

“Total semua ibu hamil ada 1.030 orang. Kemudian kami pilah berdasarkan pertemuan Minggu lalu di Swisbel Untuk usia 13 minggu sampai 28 minggu akan dilakukan vaksinasi massal,” beber dr. Devi kepada TribunKaltara.com, Jumat (24/9/2021).

Lebih lanjut dr Devi menambahkan, pengecualian untuk wilayah kerja di Puskesmas Juata dan Puskesmas Pantai Amal.

Baca juga: Vaksinasi Ibu Hamil Mulai Dilaksanakan, Simak Panduan Dokter Spesialis Kandungan RSUD Malinau

“Mengingat lokasi mereka jauh untuk menjangkau Gedung Wanita, jadi mereka vaksin di masing-masing puskesmasnya sendiri,” jelas dr. Devi.

Ia menambahkan, untuk wilayah Kelurahan Karang Rejo, Kelurahan Gunung Lingkas, Puskesmas Sebengkok dan Puskesmas Mamburungan, sesuai dengan data harus mendatangi lokasi vaksinasi yang ditentukan yakni di Gedung Wanita Jalan Kusuma Bangsa Kelurahan Pamusian, Kota Tarakan.

Vaksinasi bagi ibu hamil perdana dilakukan di Gedung Wanita, Jumat (24/9/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Persoalannya lanjut dr Devi, di hari pertama dan untuk vaksinasi dosis satu bagi ibu hamil ini, setelah daftar dan begitu akan dihubungi untuk melaksanakan vaksinasi, banyak yang masih ragu. “Sudah dipanggil banyak yang ragu, yang gak datang. Atau ada yang nomor telepon yang dihubungi tidak bisa tembus,” ujarnya.

Ia menjelaskan, vaksinasi bagi ibu hamil dinyatakan aman dan bisa dilakukan. Vaksinasi ibu hamil dilakukan di enam puskesmas dan dua rumah sakit yakni di RSUD Tarakan Provinsi Kaltara dan Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT).

Baca juga: Bupati Syarwani Sidak Vaksinasi Ibu Hamil di Bulungan, Tahap Pertama Dibatasi 60 Orang

“Untuk enam puskesmas usia 13 minggu-28 minggu. Dan memang diharapkan tidak memiliki komorbid dan keluhan,” ujarnya.

Halaman
12