Berita Malinau Terkini

Menunggu Hasil Uji Fungsi Laboratorium PCR, Tim BNPB RI Dijadwalkan Tiba di Malinau Pekan Ini

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Amiruddin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rehabilitasi Laboratorium PCR di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. (TribunKaltara.com / Mohammad Supri)

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Pengoperasian laboratorium PCR atau Polymerase Chain Reaction Malinau masih menunggu asesmen atau hasil uji fungsi alat.

Kepala Dinas Kesehatan P2KB Malinau, John Felix Rundupadang menyampaikan ada serentetan tahapan sebelum Lab pemeriksa Covid-19 dapat difungsikan.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Usaha Karaoke Inul Daratista Tak Beroperasi:Selama Ini Tutup, Rugi Miliaran Rupiah

Diantaranya uji fisik alat PCR yang akan dilakukan oleh pihak penyedia, yakni Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB RI.

Menurutnya, tim BNPB RI telah berangkat menuju ke Kabupaten Malinau dan dijadwalkan tiba pekan ini.

"Tim dari BNPB RI akan melakukan uji fungsi alat. Skenarionya, jika tak ada halangan hari senin kita bisa instal alatnya," ujarnya, Kamis (7/10/2021).

Ditanya mengenai kapan alat pemeriksa Covid-19 tersebut dapat difungsikan, John Felix Rundupadang belum bisa memberikan kepastian.

Pengerjaan Laboratorium PCR sedang tahap finalisasi di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (28/8/2021). (tribunkaltara.com)

Sebab, menurutnya ada tahapan uji konfirmasi untuk memastikan Laboratorium benar-benar telah layak difungsikan.

"Nanti ada tahap uji konfirmasi, ini yang belum bisa kita pastikan. Karena spesimen akan kita periksa di sini dan di bandingkan dengan hasil pemeriksaan spesimen dari Litbangkes," katanya.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Malinau Melandai, Wagub Kaltara Yansen TP Beri Jempol Semua Unsur

Laboratorium yang terletak di RSUD Malinau tersebut rencananya akan melayani dua jenis pemeriksaan Covid-19.

Dua alat pemeriksa yang akan difungsikan di Lab tersebut diantaranya alat tes swab PCR dan Alat Tes Cepat Molekuler atau TCP.

(*)

Penulis : Mohammad Supri