Berita Nasional Terkini

Termasuk Kalimantan Utara, Waspada Cuaca Ekstrem Pada 29 Wilayah di Indonesia Senin 18 Oktober 2021

Editor: Amiruddin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI - Prakiraan Cuaca Ekstrem di Kaltara. Berikut ini prakiraan cuaca sejumlah wilayah di Indonesia pada Senin 18 Oktober 2021 berdasarkan rilis resmi BMKG. (TribunKaltara.com)

TRIBUNKALTARA.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) telah merilis prakiraan cuaca  sejumlah wilayah di Indonesia pada Senin, 18 Oktober 2021.

Dalam rilis resminya, BMKG memprediksi 22 wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat, disertai petir dan angin kencang.

Wilayah yang dimaksud di antaranya, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Kalimantan Tengah.

Termasuk pula di antaranya provinsi termuda di Indonesia, yakni Kalimantan Utara atau Kaltara.

Selain itu, BMKG juga mendeteksi adanya potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada tujuh wilayah lainnya di Indonesia.

BMKG mengimbau warga agar senantiasa waspada dengan peribahan cuaca yang bisa saja terjadi.

Baca juga: Cuaca Terasa Panas saat Malam Hari Dirasakan Masyarakat, Kepala BMKG Kota Tarakan Beber Sebabnya

Dalam narasi disebutkan akan terjadi sirkulasi siklonik terpantau di di Teluk Thailand, Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia Barat Sumatera.

Sirkulasi siklonik membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan barat hingga Kalimantan Tengah.

Selain itu besok juga terjadi daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Natuna, Selat Malaka, Semenanjung Malaysia, Laut Sulawesi, Laut Sulu dan perairan utara Halmahera.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Pesisir Barat Sumatera Barat hingga Riau, perairan Selatan Banten, dari Jawa Tengah hingga Laut Jawa, di perairan Selatan NTT, Kalimantan Barat, di Kalimantan Utara, di NTB, di NTT, di Sulawesi Tengah bagian Selatan, di Sulawesi Selatan, di Papua Barat dan di Papua serta daerah konfluensi di Laut Jawa, Pesisir Barat Sumatera, Selat Sunda, di Lampung dan di Laut Timor.

Halaman
1234