Berita Tarakan Terkini

Gempa 3,7 SR Guncang Tarakan Tak Berpotensi Tsunami, Tony: Getaran Seakan-akan Ada Truk Berlalu

Penulis: Andi Pausiah
Editor: Junisah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivitas masyarakat Tarakan yang tak terpengaruh dengan adanya gempa yang terjadi pada Kamis (21/10/2021) pukul 02.17 WIB.

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN -Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Kota Tarakan, Kamis (21/10/2021) sekitar pukul 02.17 WIB.

Dibeberkan Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya dalam rilisnya, Kamis (21/10/2021), untuk kejadian dan parameter gempa bumi di Tarakan dilaporkan berkekuatan 3,7 magnitudo.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.35 LU dan 117.67 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 9 KM arah timur Tarakan-Kaltara dengan kedalaman 10 kilometer,” sebutnya.

Baca juga: Gempa 4.8 SR Guncang Pulau Bali Akibatkan Tanah Longsor di Trunyan, Empat Warga Tewas Tertimbun

Adapun jenis dan mekanisme gempa bumi, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Dampaknya sendiri lanjut Tony, berdasarkan informasi dari masyarakat gempa bumi ini dirasakan III-IV di Tarakan adalah getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Baca juga: BREAKING NEWS Warga Gunung Lingkas Tarakan Akui Getaran Gempa Terasa Tiga Detik

“Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi,” ungkapnya.

Namun lanjutnya, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Selanjutnya kata Tony, hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa Kalimantan Utara guncang Tarakan 4,4 SR, Kamis (5/8/2021).(BMKG) (BMKG)

Ia kembali menyebutkan, gempa bumi susulan terjadi di pukul 05.33 WIB. Dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Baca juga: BPBD Tana Tidung Sebut Gunjangan Gempa Terasa di Tana Lia: Hanya Beberapa Detik Saja

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah