Berita Nasional Terkini

Berikut Ini Aturan dan Syarat Terbaru Penerbangan Domestik, Berlaku Mulai Minggu 24 Oktober 2021

Editor: Sumarsono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivitas penumpang di Bandara Udara Juwata Tarakan. Mulai Minggu, 24 Oktober 2021 Pemerintah kembali mengeluarkan aturan baru syarat penerbangan domestik.

TRIBUNKALTARA, JAKARTA - Kementerian Perhubungan kembali mengeluarkan aturan dan syarat baru penerbangan domestik di masa pandemi Covid-19, berlaku mulai Minggu 24 Oktober 2021.

Aturan terkait perjalanan dalam negeri menggunakan pesawat tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kemenhub Nomor SE 88 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para pelaku perjalanan udara sebelum berangkat.

Berikut aturan dan syarat terbaru penerbangan domestik resmi dikeluarkan Kemenhub per 24 Oktober 2021:

Baca juga: PPKM dan Kebijakan Vaksinasi, PCR dan Rapid Test Antigen bagi Pelaku Penerbangan Domestik

Untuk penerbangan dari atau ke bandara di Pulau Jawa dan Bali, antarkota di Pulau Jawa dan Bali, serta daerah yang ditetapkan kategori PPKM Level 4 dan PPKM Level 3 wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama, dan surat keterangan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk penerbangan dari dan ke bandara di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali yang ditetapkan melalui Instruksi Mendagri sebagi daerah dengan kategori PPKM Level 1 dan PPKM Level 2, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Kewajiban untuk menunjukkan kartu vaksin dikecualikan bagi pelaku perjalanan usia di bawah 12 tahun dan pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksin.

Baca juga: Aturan Baru Naik Pesawat, Anak Usia 12 Tahun Boleh Terbang, Berikut Update Syarat untuk Perjalanan

Dengan persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dari RS pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum atau tidak dan atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Pelaku perjalanan usia di bawah 12 tahun wajib didampingi oleh orangtua atau keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK), serta memenuhi persyaratan tes Covid-19 sebagaimana telah dijelaskan di atas.

Mengisi e-HAC Indonesia pada bandara keberangkatan untuk ditunjukkan pada petugas kesehatan pada bandar udara tujuan atau kedatangan.

Aktivitas penerbangan di landasan pacu Bandara Kolonel RA Bessing, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. (tribunkaltara.com)
Halaman
12