Berita Malinau Terkini

Penuhi Kebutuhan Energi, Bupati Malinau Inginkan Pemprov Kaltara Terus Sinergi Bangun PLTA Mentarang

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bupati Malinau Saat Hadiri Acara Rapat Paripurna Hari Jadi Provinsi Kaltara di Kantor DPRD Provinsi Kaltara Senin (25/10/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI).

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Penuhi kebutuhan energi di Kaltara, Bupati Malinau Wempi W Mawa inginkan Pemprov Kaltara terus sinergi bangun PLTA Mentarang.

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk yang di bangun PT. Kayan Hydropwer Nusantara (KHN) di Kabupaten Malinau, terus dikebut dan ingin mendapat perhatian khusus untuk kolaborasi dengan pemerintah provinsi Kaltara.

Baca juga: Tambah Ruang Terbuka Hijau Arena Pro Sehat, Berikut Lokasi RTH Publik di Kabupaten Malinau

"Energi itu adalah prioritas, bagi kaltara, karena untuk maju, energi harus tersedia, oleh karena itu, kami sebagai bagian dari pemerintah provinsi kaltara, pasti akan memberikan dukungan, perhatian," ungkap Wempi W. Mawa Senin (25/10/2021).

Bupati Malinau Wempi W. Mawa yang merupakan politisi Partai Demokrat tersebut, juga mengemban jabatan strategis sebagai Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Malinau sejak 2016 itu ingin segera terlaksana percepatan buat PLTA di Mentarang.

"Percepatan terhadap terwujudnya, PLTA di mentarang, karena itu menjadi idaman kita, karena tanpa energi yang optimal, kita tidak akan mampu, mempercepat pembangunan di daerah,"tegasnya.

"Seperti apa yang disampaikan pak gubernur, kaltara itu harus mendukung satu sama lain dan bersama-sama membangun daerah kabupaten/kota," tambahnya kepada TribunKaltara.com

Baca juga: 5,6 Hektare Lahan Pro Sehat Kabupaten Malinau Ditetapkan Sebagai Ruang Terbuka Publik

Termasuk saat ini dirinya juga ingin segala pembangunan harus seimbang dengan hak-hak rakyat malinau bisa terpenuhi yang berada di wilayah tersebut.

"Begitu juga persoalan-persoalan sosial disana bisa terselesaikan, dengan cara-cara musyawarah, tentu dengan komunikasi yang baik, sehingga pembangunan besar ini tidak meminggirkan kepentingan masyarakat juga," tuturnya.

Baginya kepentingan masyarakat adalah paling utama selain dari adanya kedatang para investor untuk memberikan pasokan dana pembangunan PLTA di Mentarang.

Baca juga: Jadwal Speedboat Reguler Tujuan Kota Tarakan Senin 25 Oktober 2021, Start di Pelabuhan Malinau Kota

"Begitu juga prinsip izin sudah selesai, inikan hanya persoalan kapan dilanjutkan, kapan terlaksanakannya, pembangunan PLTA di mentarang," tutupnya.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi