Berita Nasional Terkini

UPDATE Kebijakan Baru Pemerintah: Tarif Tes PCR Turun Jadi Rp 300 Ribu, Bisa Berlaku 3 Hari

Editor: Sumarsono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pekerja Migrant Indonesia (PMI) dilakukan swab PCR oleh petugas di Kabupaten Nunukan

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA – Update kebijakan baru pemerintan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tarif tes PCR diturunkan menjadi Rp 300 ribu, dan berlaku tiga hari.

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan batasan harga bagi tes PCR Rp 495.000 untuk pulau Jawa dan Bali serta Rp 525.000 untuk luar pulau Jawa dan Bali.

Penurunan harga tes PCR merupakan reaksi Presiden terhadap maraknya kritik atas pemberlakuan syarat tes PCR bagi penumpang pesawat.

"Arahan Presiden agar harga PCR diturunkan menjadi Rp 300.000 dan berlaku selama 3x24 jam untuk perjalanan pesawat," ungkap Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers secara virtual, Senin (25/10).

Baca juga: Naik Pesawat Wajib Tunjukkan Hasil Negatif PCR, Berikut Daftar Harga dan Tempat Tes PCR

Terkait syarat tes PCR, pemerintah tetap mewajibkan penggunaan bukti tes PCR sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri menggunakan pesawat untuk wilayah Jawa, Bali, dan wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

"Hal ini ditujukkan utamanya untuk menyeimbangkan relaksasi yang dilakukan pada aktivitas masyarakat, terutama pada sektor pariwisata," terang Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa dan Bali.

Luhut mengingatkan, menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ada potensi kenaikan kasus Covid-19.

Hasil survei Kementerian Perhubungan, terdapat kemungkinan 19,9 juta perjalanan selama libur nataru di wilayah Jawa dan Bali.

Untuk wilayah Jabodetabek terdapat potensi 4,45 juta perjalanan selama Nataru.

Meskipun telah dilakukan kebijakan kewajiban tes PCR bagi pelaku perjalanan, Luhut memprediksi akan terjadi kenaikan kasus Covid-19 pada libur Nataru nanti.

Baca juga: Swab PCR 16 PMI Tinggal di Rusunawa Positif Covid-19, KKP Nunukan Langsung Rujuk ke Rumah Sakit

Halaman
1234