Berita Tarakan Terkini

Ungkap Modus Penyelundupan Narkoba, BNNP Kaltara Ulas Kasus Sabu Cair Tewaskan Pelaku

Penulis: Andi Pausiah
Editor: Junisah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol Samudi

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Penangkapan pelaku penyelundupan sabu-sabu keluar Kaltara terus menjadi atensi BNNP Kaltara.

Dibeberkan Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol Samudi, BNNP selalu akan melakukan kerja sama dan berkoordinasi dengan segala unsur Forkopimda dalam rangka mengungkap jaringan narkoba di Kaltara.

Ia berharap bisa menciptakan iklim Kaltara untuk bersih dari narkoba. Meski tak ditampaik, para mafia dan pengedar akan selalu menggunakan cara bagaimana akan menyelundupkan, bagaimana para pelaku melaksanakan modus dalam untuk mengirim kemudian menyelundupkan.

Baca juga: Polres Tarakan Kembali Musnahkan 120,67 gram Sabu-Sabu, Dilakukan Dengan Dilarutkan ke Dalam air

“Namun di bandara selalu saya sampaikan ada modus yang sedikit untuk mengelabuhi petugas Avsec tapi ternyata petugas lebih pandai. Saya slalu salut kepada petugas bandara yang jeli dari yang tadinya mungkin kristal atau ada wujudnya, sabu diubah cair pun masih bisa mereka tahu dan ada buktinya,” tegasnya.

Ia sedikit mengulas kasus sabu cair yang pernah berhasil digagalkan di Bandara Juwata Tarakan tahun 2020 lalu.

Baca juga: Pelaku Narkoba ED Masih Buron, BNNP Kaltara Apresiasi Petugas Avsec, Jeli Dengan Paket Mencurigakan

Kasusnya saat itu, pelaku membawa sebotol minuman cairan. Saat melalui X-Ray, petugas curiga dengan botol tersebut.

“Penumpang saat itu mengatakan itu bukan apa-apa, itu minuman herbal, obat untuk Covid-19. Waktu itu Covid-19 sedang tinggi-tingginya,” bebernya.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol Samudi (tengah) saat memberikan keterangan pelaku narkoba. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Sehingga untuk meyakinkan petugas, penumpang membuka dan meminum cairan tersebut. Dan pada saat ke lantai dua ia langsung tumbang.

“Dan akhirnya meninggal dunia. Jadi artinya bahwa pelaku ini tidak akan tinggal diam dalam rangka bisa lolos dari pantauan dan pemeriksaan petugas di bandara,” ujarnya.

Baca juga: BNNP Kaltara Musnahkan 2,9 Kg Sabu, Modus Pelaku Kirim Barang Lewat Cargo Bandara Juwata Tarakan

Untuk itu ia mengapresiasi petugas bandara yang komitmen dan jeli terhadap barang-barang mencurigakan.

“Tadinya bentuk kristal, ada wujudnya diubah cair pun masih ketahuan. Ini membuktikan komitmen bandara membantu pemerintah membantu memberantas peredaran narkoba,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah