Berita Kalta Terkini

Sembilan Investor Tertarik KIPI Tana Kuning, Luhut: Kita Cari yang Ada Duitnya, Jangan Cakap Saja 

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil (kiri) berserta Gubernur Kaltara Zainal Paliwang.

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR- Kabar gembira bagi Provinsi Kaltara, rencananya ada 9 perusahaan asing yang bakal investasi di Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPI) Tana Kuning-Mangkupadi Kabupaten Bulungan.

Hal ini diungkapkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ketika tiba di Bulungan, Kamis (2/12/2021). 

Luhut mengungkapkan, pemerintah akan lebih mengutamakan investor yang serius dan berperan aktif untuk membangun proyek KIPI maupun PLTA di Kabupaten Bulungan Provinsi Kaltara.

Baca juga: Menko Luhut & Menteri ATR Sofyan Djalil Kunjungi KIPI Mangkupadi Bulungan, Naik Helikopter ke Lokasi

"Ya kita cari mana yang duluan investor ke Proyek KIPI dan PLTA yang langsung ada duitnya. Jadi jangan hanya bercakap-cakap saja," ucapnya.

Menurut Luhut, kunjungannya ke KIPI Tanah Kuning- Mangkupadi Kabupaten Bulungan, untuk melihat secara langsung persiapan grounbreaking yang rencananya akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). 

Baca juga: Tinjau Lokasi Groundbreaking KIPI, Wagub Yansen TP Sebut Menko Marves Luhut Besok Sambangi Kaltara

Nantinya hasil dari kunjungan ke KIPI ini pihaknya akan laporkkan langsung kepada Presides Jokowi. 

"Kami di perintahkan pak Presiden untuk melihat persiapan groundbreaking Tana-Kuning, dan Insyallah hari ini saya juga akan pergi Bali bertemu langsung pak Presiden dan kita berharap semua rangkaian acara tanggal 16 Desember berjalan dengan lancar," ujarnya, 

Mobil dengan plat nomor RI 17 dan RI 41 terparkir di Bandara Tanjung Harapan Tanjung Selor jelang kedatangan Menko Marves Luhut dan Menteri ATR BPN Sofyan Djalil. (TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI)

Begitu juga, terkait energi pendukung mega proyek Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPI) Tana Kuning Mangkupadi, Luhut mengatakan, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan di Kecamatan Peso juga akan berlangsung di bangun tahun ini.

"Ya proyek itu (PLTA) Kayan, sedang berproses, saat ini kita pakai energi tambang batubara dan solar panel sambil menunggu juga konstruksi pembangunan dari Hydro Power," ujarnya.

Baca juga: Persiapan Groundbreaking KIPI & Penutupan Pesta Budaya, Luhut Pandjaitan Jadwalkan Kunjungi Kaltara

Sebelum melakukan kunjungan ke KIPI terlebih dahulu Luhut melakukan rapat bersama Gubernur, Bupati, dan Ketua DPRD Provinsi Kaltara dan Kabupaten Bulunganl.

Sementara itu untuk energi pendukung mega proyek KIPI Tana Kuning-Mangkupadi, Luhut mengatakan, proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan di Kecamatan Peso juga  bakal di bangun tahun ini.

"Ya proyek itu (PLTA) Kayan, sedang berproses, saat ini kita pakai energi tambang batubara dan solar panel sambil menunggu juga konstruksi pembangunan dari Hydro Power," ujarnya.

(*)

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi