Berita Pemprov Kaltara

Festival Sungai Kayan, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang Sebut Bisa Hidupkan Ekonomi Lokal

Editor: Amiruddin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum bersama Bupati Bulungan, Syarwani mengikuti prosesi pembukaan Festval Sungai Kayan dalam rangkaian HUT ke 62 Kabupaten Bulungan dan Hari Jadi Kota Tanjung Selor ke 232, Sabtu (24/9).

TRIBUNKALTARA.COM – Gubernur Kalimantan Utara ( Kaltara ), Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum menghadiri pembukaan Festival Sungai Kayan dalam rangka Hari Jadi Kota Tanjung Selor ke-232 dan Kabupaten Bulungan ke-62 Tahun 2022, Sabtu (24/9) pagi.

Tiba di Pelabuhan VVIP, Kayan 1 Tanjung Selor, pukul 09.30 WITA, Gubernur Zainal Paliwang tiba dengan didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, Dr. Yansen TP. M. Si., Sekretaris Provinsi (Sekprov) Dr. H. Suriansyah, M.AP., dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr Bustan, SE.,M.Si.

Hadir Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd., M.Si., Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, S.E., M.Si., Sekda Bulungan Risdianto, Ketua DPRD Bulungan Kilat Laing, unsur Forkopimda Bulungan, anggota DPRD Bulungan, Ketua KONI Bulungan, dan Ketua KORMI Bulungan.

Festival Sungai Kayan berlangsung cukup meriah, dimana festival ini merupakan satu dari sekian rangkaian Pesta Budaya yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan.

Gubernur Kaltara berharap kegiatan “Festival Sungai Kayan” dapat membangkitkan rasa kebersamaan, persaudaraan dan persatuan di antara warga masyarakat di Provinsi Kaltara, khususnya warga di Kabupaten Bulungan.

Baca juga: Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang Harap Presiden RI Joko Widodo Resmikan PLBN Sei Pancang

Atas nama pribadi dan Pemprov Kaltara, gubernur mengapresiasi dan berterima kasih atas terselenggaranya Festival Sungai Kayan di Bulungan.

“Festival Sungai Kayan ini, merupakan kekayaan budaya dan potensi pariswata yang patut untuk terus kita kembangkan,” kata Gubernur Zainal.

Gubernur mengungkapkan bahwa dampak positif dan multiplier effect dari kegiatan ini cukup signifikan.

Menurutnya, beragam produk lokal seperti camilan dan aksesoris lokal turut ditampilkan dalam pameran UMKM sebagai media promosi.

“Hal ini tentu yang diinginkan masyarakat, ada perputaran ekonomi sebagai dampak positif dari festival ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga mengatakan dengan adanya Festival Sungai Kayan masyarakat dapat mengenang kembali budaya tradisional yang ada di Kabupaten Bulungan.

“Zaman dahulu, hampir semua mobiltas dilakukan dengan menggunakan akses di sungai kayan.

Sungai kayan ini menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat di Kabupaten Bulungan,” kata Gubernur Zainal.

Turut menjadi salah satu ikon tempat objek wisata di Kabupaten Bulungan, Gubernur mengharapkan Festival Sungai Kayan mampu menghidupkan dan mengembangkan serta melestarikan budaya daerah lokal.

Dan, membawa masyarakat Kaltara semakin menuju kesejahteraan. (dkisp)