Berita Kaltara Terkini

Tari Iluk Dangan Ramaikan Pengukuhan dan Deklarasi Pakuwaja Kaltara

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penampilan Tari Iluk Dangan yang dibawakan Siswa MTSN Bulungan di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, pada pelantikan Pengurus Pakuwaja Kaltara, Sabtu ( 26/11/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH)

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Seratus siswa MTSN Bulungan ikut memeriahkan Pengukuhan dan Deklarasi Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Kalimantan Utara (Kaltara), dengan menampilkan Tari Iluk Dangan.

Arti Tari Iluk Dangan, yaitu menari bersama, yang ditarikan dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai suku budaya yang ada di Kaltara.

"Ada beberapa etnis yang ditampilkan yaitu Dayak, Tidung, Bulungan, dan Jawa," Kata Kepala Sekolah MTSN Bulungan, Dahlia, saat dijumpai Tribunkaltara.com, Sabtu (26/11/2022).

Kepala sekolah MTSN Bulungan, Dahlia menyampaikan persiapan hanya membutuhkan waktu 10 hari.

"Kita diminta oleh Pakuwaja Kaltara untuk menampilkan tarian, dengan 100 anak itu tanggal 10 November, kita mulai latihan sekira 16 November," katanya.

Penampilan Tari Iluk Dangan yang dibawakan Siswa MTSN Bulungan di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, pada pelantikan Pengurus Pakuwaja Kaltara, Sabtu ( 26/11/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH) (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH)

Baca juga: Latih 200 Peserta Tari Massal Irau Kabupaten Tana Tidung, Hasanuddin: Kendalanya Cuma Jarak Saja

Kemudian, Ia juga menyampaikan ada beberapa kendala.

"Kesulitannya seperti mencari pakaian adat untun diseragamkan dan waktu untuk latihan karenakan anak-anak beberapa ada yang dijemput orang tua, tetapi penampilan mereka sangat memuaskan, dengan persiapan yang singkat," kata Dahlia.

Dahlia mengakui, siswanya sangat antusias.

"Anak-anak sangat antusias, karena sebagian anak ini merupakan penampilan pertama mereka," jelasnya.

Baca juga: Sering Juara I Provinsi dan Nasional, Sanggar Badewa Kini Juara II Lomba Tari Kreasi Pesisir

Sementara itu, salah satu warga, Anisa yang menonton Tari Iluk Dangan, mengaku sangat menyukai penampilan dari siswa MTSN Bulungan ini.

"Saya suka dengan penampilannya, karena unik dalam satu tarian ditampilkan dengan menggunakan pakaian adat yang berbeda-beda, dan gerakannya terlihat sangat kompak," ucap Anisa.

(*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltara untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltaracomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan Lupa Like Fanpage Facebook TribunKaltara.com

Follow Twitter TribunKaltara.com

Follow Instagram tribun_kaltara

Follow Helo YouTube Tribun Kaltara Official

Berita Terkini