Berita Tarakan Terkini

Belajar Ilmu Bahari, Puluhan Pelajar di Tarakan Padati KRI Sidak, Program Rutin Lantamal XIII

Penulis: Andi Pausiah
Editor: Junisah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Puluhan pelajar asal Hang Tuah Tarakan memadati KRI Sidak di Dermaga Mako Lantamal XIII Tarakan, Selasa (7/2/2023).

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Puluhan pelajar asal Hang Tuah Tarakan memadati KRI Sidak di Dermaga Mako Lantamal XIII Tarakan.

Para pelajar ini sedang berkunjung ke KRI Sidak atau Open Ship dan menyimak dengan serius arahan dari personel KRI Sidak yang memberikan edukasi mengenai kebaharian dan kemaritiman.

KRI Sidak sendiri dikatakan Dansatrol Lantamal XIII, Kolonel Laut (P) Yulius Az Zaenal, masuk jenis kapal patroli di bawah Satuan Kapal Patroli Lantamal XIII Tarakan.

Baca juga: Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal Jabat Dansatrol Lantamal XIII Tarakan, Dulu Komandan KRI Nanggala

“Tanggung jawab operasi selain penegakan hukum di wilayah kerja Lantamal XIII juga melaksanakan penegakan kedaulatan yang dikendalikan Koarmada,” bebernya.

Untuk alutsista yang dimiliki KRI, jenis kapal patrol ini berbeda dengan jenis kapal pemukul. Untuk KRI Mandau, dilengkapi rudal, untuk KRI Sidak, senjata utama adalah meriam.

“Karena dia jenis kapal patroli saja. Personel KRI Sidak ada 43 orang, di KRI dilihat dari senjatanya, makanya komandannya senior. Kalau KRI Sidak dikomandani mayor,” beber Yulius As Zaenal kepada awak media.

Baca juga: KRI Mandau 621 Tangkap Kapal Bermuatan 4.100 Ton CPO, Lanal Balikpapan Selidiki Dugaan Penyelundupan

Adapun kegiatan hari ini, adalah kegiatan yang sudah dirutinkan pihak Lantamal mengajak para pelajar mengenal KRI begitu juga pelajar SMP, SMA dan mahasiswa.

“Kita ini tiga per empat perairan isinya, makanya mereka biar bisa mengenal ilmu maritim,” paparnya.

Sementara itu, Letkol Marinir M. Feliks Papahan, Aspotmer Lantamal XIII Tarakan menyampaikan, program kunjungan para pelajar ke KRI sendiri adalah salah satu upaya Lantamal XIII memperkenalkan TNI AL kepada mereka dengan harapan siswa bisa mencintai TNI AL dan mencintai dunia bahari.

“Tiga per empat wilayah NKRI terdiri lautan, tujuannya supaya memberikan kesempatan kepada mereka mengenal alutsista, dunia bahari TNI AL,” bebernya.

Puluhan pelajar asal Hang Tuah Tarakan memadati KRI Sidak di Dermaga Mako Lantamal XIII Tarakan, Selasa (7/2/2023). (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Kegiatan ini lanjutnya, rutin jika ada kunjungan KRI dari Armada II dan Armada I, selain sekolah memiliki program, juga pihaknya memiliki program mengundang kunjungan ke KRI atau Open Ship.

“Kami gilir sekolah di Tarakan berkunjung ke KRi istilahnya Open Ship. Ini kapal Satrol Lantamal, bertugas di jajaran Lantamal XII Tarakan,” jelasnya.

Baca juga: KRI Bima Suci Tiba di Tarakan, Keliling Indonesia Selama 99 Hari, Bawa Taruna & Taruni AAL

Salah seorang pelajar, mengakui ini pertama kalinya berkunjung ke kapal perang milik TNI AL. Ini sekaligus bisa belajar materi kapal perang apalagi ini kunjungan pertama selama tiga tahun terakhir.

“Apalagi saat dijelaskan fungsi kegunaan alatnya, saat terjun ke lapangan, kami bisa ingat. Kalau teori saja belum puas, dan kalau lihat langsung bisa tanyakan ke abang-abang TNI-nya apa saja fungsi alatnya,” ungkap Muhammad Feri Fahrullah yang mengakui sebelumnya pernah juga melihat langsung KRI Bima Suci.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Berita Terkini