Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Bupati Nunukan Asmin Laura Beberkan Penyebab Gaji Ketua RT Menunggak

Gaji Ketua RT di Kabupaten Nunukan sempat alami penunggakkan, Bupati Asmin Laura beber penyebabnya

TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS
Bupati Nunukan, Asmin Laura 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Gaji Ketua RT di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara sempat alami penunggakkan, Bupati Asmin Laura beber penyebabnya.

Ketua RT 031, Kelurahan Nunukan Barat, Kecamatan Nunukan, Januarius, mengatakan gajinya sempat nunggak selama 3 bulan dari sejak 12 Desember 2020 lalu.

"Sempat nunggak 3 bulan, tapi sudah dibayar bulan kemarin. Tahun kemarin gaji saya sempat nunggak beberapa kali," kata Januarius kepada TribunKaltara.com, Senin (29/03/2021), pukul 11.00 Wita.

Baca juga: Mantan Gubernur Kaltara dan Wakil Gubernur Kaltara Hadiri Sidang Dirut PDAM Tarakan Iwan Setiawan

Mendengar itu, Bupati Nunukan Asmin Laura mengatakan, gaji Ketua RT dialokasikan dari kelebihan transfer Dana Alokasi Umum (DAU) setiap bulannya.

"Memang yang dirisaukan Ketua RT di Nunukan kadang-kadang gaji mereka diterima diakhir tahun atau bahkan tertunggak lagi harus dibayar di tahun depan. Nah, gaji pegawai itu dialokasikan dari DAU. Kalau ada kelebihan dari transfer DAU setiap bulan itu bisa dialokasikan untuk gaji Ketua RT," ucap Asmin Laura.

Menurutnya, pihaknya sudah melalukan simulasi seluruh gaji RT se-Kabupaten Nunukan sekira Rp5,8 milyar setiap bulan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG Nunukan Peringatan Dini Wilayah Lumbis

Sementara kelebihan DAU setiap bulan tidak mencapai Rp 2 milyar.

"Inilah yang membuat kami harus bijak dalam memilih pengeluaran hal-hal yang prioritas. Jadi kita menunggu lagi transferan berikutnya. Kita tidak bisa bayar gaii Ketua RT separuh-separuh, karena soal gaji itu dimuat dalam satu SK," ujarnya.

Ia menepis isu yang beredar perihal pemerintah daerah yang enggan membayar gaji Ketua RT.

"Jadi bukan tidak mau membayar, saya miris juga kalau turun ke lapangan mengetahui gaji Ketua RT 6 bulan baru bisa dibayar. Saya minta keuangan rumuskan, sudah mereka rumuskan dan mendapat angka Rp5,8 milyar setiap bulan. Ini butuh kesepahaman bersama," tuturnya.

Baca juga: Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021, Ada Pembagian 3 Grup Seleksi

Orang nomor satu di Nunukan itu menyampaikan komitmennya untuk membayar gaji Ketua RT di desa-desa setiap bulannya, meski harus mengorbankan kebutuhannya sebagai Bupati.

"Saya minta dibayarkan meski kebutuhan Bupati dikorbankan. Tapi tidak cukup. Inilah yang membuat kadang-kadang tidak bisa dipenuhi itu semua. Keinginan ada tapi keadaan yang tidak mampu," ungkapnya.

Informasi yang dihimpun, gaji Ketua RT di se-Kabupaten Nunukan sebesar Rp1,1 juta per bulan.

(*)

Penulis: Febrianus Felis
Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved