Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Tahun Ini Disnakertrans Berau Sebut Tak Ada Perusahaan Lakukan PHK, Awal Pandemi Covid-19 Banyak

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Berau Junaidi mengatakan selama 2021 tidak ada PHK

TRIBUNKALTIM.CO
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Berau Junaidi. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG REDEB - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Berau Junaidi mengatakan selama 2021 pihaknya belum menerima adanya laporan perusahaan yang memutus hubungan kerja (PHK).

Hal itu berbeda saat awal masuknya pandemi Covid-19 di tahun 2020, dimana sejumlah perusahaan melakukan PHK karena berbagai faktor.

"Kalau PHK dari Januari hingga sekarang belum ada laporan, malah yang saat ini sejumlah perusahaan yang ada di Berau melaporkan adanya perekrutan karyawan baru," jelas Junaidi ke TribunKaltim.co, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Absen di Sidang Gugatan Cerai, Nindy Ayunda Hadirkan Tiga Saksi, Salah Satu Saksi Ibundanya

"Penyerapan tenaga kerja mulai menggeliat lagi karena mungkin harga batu baru sudah mulai stabil berbeda dengan awal-awal pandemi berdampak pada harga batu bara," pungkasnya.

Lanjut Junaidi dalam proses rekrutmen pengawasan dilakukan provinsi. Sementara Disnakertrans Berau sudah bersurat kepada perusahaan yang melakukan rekrutmen pegawai baru agar dipusatkan di Dinas terkait seperti pengumuman lowongan.

Baca juga: Sore Hari, Empat Wilayah di Tana Tidung Diprediksikan Hujan Lebat Disertai Petir

"Memang sesuai aturan, perusahaan diperbolehkan melakukan rekrutmen sendiri atau melalui dinas ketenagakerjaan setempat. Tapi ada juga manejemen perusahaan merekrut pekerja disekitar lingkar perusahaan mereka," pungkasnya.

"Namun kami menyarankan boleh melakukan rekrutmen di lingkar perusahaan tapi harus dibagi persentasenya agar tidak ada kesenjangan antara orang yang berada dilingkar tambang dengan yang diluar," imbuhnya.

Baca juga: Termasuk Kalimantan Utara, BMKG Prediksi 22 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Untuk surat sendiri kata Junaidi sudah beberapa kali Ia layangkan baik dari edaran Disnakertrans maupun edaran bupati sendiri ke perusahaan.

"Kami juga mengingatkan agar rekrutmen ini mengutamakan yang berdomisili di Berau memiliki KTP Berau sesuai perda 08 Kabupaten Berau orang yang sudah setahun berdomisili di Berau memiliki KTP dan KK sudah termasuk dalam warga Berau," tutupnya.

*)

Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved