Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Dua Pekan Tes GeNose Diberlakukan di Bandara APT Pranoto, Belum Ditemukan Penumpang Positif Covid-19

Bandara APT Pranoto Samarinda, menyediakan fasilitas rapid test dengan biaya terjangkau. GeNose ini telah diterapkan di beberapa bandara di Indonesia

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO
Sebagai persyaratan untuk menggunakan moda transportasi udara, Bandara APT Pranoto menyediakan tes cepat menggunakan GeNose di beberapa titik di Bandara. Biaya untuk rapid test GeNose dibanderol Rp 50 ribu. 

TRIBUNKALTARA.COM, SAMARINDA - Bandara APT Pranoto Kota Samarinda, menyediakan fasilitas rapid test dengan biaya terjangkau. Rapid test bernama GeNose ini telah diterapkan di beberapa pelabuhan maupun Bandara di Indonesia.

Sistem kerjanya yang ringkas dan harganya terjangkau ini menjadi salah satu upaya deteksi dini Covid-19 sebelum berangkat. Penggunaan GeNose di APT Pranoto pun telah digunakan sejak tanggal 9 April mendatang.

Baca juga: Barang asal Tawau Malaysia Ini yang Sering Diselundupkan, Bea dan Cukai Nunukan Memaklumi 

Selama lebih hampir dua pekan pihak Bandara mengklaim belum menemukan adanya penumpang yang positif Covid-19. "Alhamdulilah belum ada saat ini," ucap kepala Bandara APT Pranoto Agung Pracayanto ketika dikonfirmasi, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Nunukan Hari Ini, 17 Wilayah Diguyur Hujan Ringan Siang Hingga Sore Hari

Ia mengatakan memiliki standar protokol sendiri dalam mengatasi penumpang yang positif Covid-19. Nantinya penumpang yang ditemukan positif Covid-19 akan disuruh melakukan tes swab terlebih dahulu.

"Kalau ada disuruh swab dan koordinasi dengan KKP," ucapnya. Dalam satu hari Bandara APT Pranoto menyediakan kuota 300 kantong GeNose. Biaya sekali tes GeNose sekitar Rp 50 ribu.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Tarakan Selasa 20 April 2021, Hujan Ringan Pada Sore Hingga Malam Hari

Seperti diketahui, penggunan GeNose telah diberlakukan di beberapa bandara dan pelabuhan di wilayah Indonesia. GeNose dikembangkan oleh Universitas Gajah Mada.

GeNose merupakan alat test deteksi  dini Covid-19 melalui hembusan. Harga GenNose pun sangat terjangkau. 

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved