Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Motoris dan Kru Speedboat di Pelabuhan Tengkayu Tarakan Lakukan Swab Test Antigen

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan bakal menggelar swab test kepada seluruh kru dan motoris speedboat di Pelabuhan Tengkayu 1

TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Aktivitas di Pelabuhan Tengkayu Satu Kota Tarakan. Pekan ini akan diadakan swab test bagi motoris dan kru serta random test kepada penumpang. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan bakal menggelar swab test kepada seluruh kru dan motoris speedboat di Pelabuhan Tengkayu 1 Kota Tarakan pekan ini.

Direncanakan swab test antigen akan dilakukan sebelum 6 Mei 2021. Itu dibeberkan Kepala KKP Kelas II Tarakan, Hidayat kepada TribunKaltara.com.

Dikatakan Hidayat, sesuai aturan seharusnya motoris speedboat dan kapten kapal rutin melakukan pemeriksaan antigen.

Baca juga: Produk Beras Bermerek Dapat Dikemas Ulang, Asalkan Memenuhi Persyaratan 

"Bukan hanya di laut, di udara juga begitu. Sesuai aturan 14 hari sekali. Selama ini memang dari KKP sifatnya mengimbau," beber Hidayat.

Nantinya untuk penetapan jadwal resmi, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tarakan.

"Nanti yang belum periksa akan kami periksa lagi. Jadwalnya tergantung koordinasi dengan KSOP. Harusnya dalam waktu dekat ini sebelum memasuki arus mudik itu," jelasnya.

Swab test yang dilakukan ini bertujuan untuk memastikan para pekerja baik motoris dan seluruh kru termasuk kru yang ada di dalam agen tetap sehat melayani penumpang yang ingin keluar Tarakan.

Lebih lanjut dikatakan Hidayat, ini tidak hanya diterapkan selama mudik 6-17 Mei. Tetapi juga diwajibkan bagi kru dan motoris setiap 14 hari sekali selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Sabar Santoso Ikut di Partai Ummat, Mantan Ketua DPRD Tarakan Ini Ditunjuk Amien Rais Pic Kaltara  

"Kami imbau setiap kedatangan, para agen tolong diingatkan motoris dan krunya. Harus rutin memeriksakan diri," jelasnya.

Selain swab test kepada kru dan motoris juga lanjut Hidayat akan melakukan random swab kepada penumpang. Untuk teknisnya nanti akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan KSOP.

Menyoal pengawasan di Pelabuhan Malundung, Tengkayu Satu dan Pelabuhan Penyeberangan di Juata Laut pihaknya akan tetap menjalankan prosedur sesuai SE Nomor 13 Tahun 2021.

Halaman
12
Penulis: Andi Pausiah
Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved