Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Sempat Tuai Protes dari Pedagang, Pusat Perbelanjaan Kandilo Plaza  di Kabupaten Paser Dibuka

Usai Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, pusat perbelanjaan di Kandilo Plaza, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser kini sudah normal

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO
Pusat perbelanjaan Kandilo Plaza yang ada di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur kembali dibuka hari ini. Minggu (16/5/2021) setelah dilakukan penutupan selama 2 hari (14-15/5/2021) Pasca Hari Raya Idul Fitri. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANA PASER - Usai Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, pusat perbelanjaan di Kandilo Plaza, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser kini sudah normal beroperasi seperti hari biasanya sejak dilakukan penutupan pada 14-15 Mei 2021.

Hal itu disampaikan oleh Kepala UPTD Pasar Induk Payembolum Senaken dan Kandilo Plaza, M Arsyad saat dikonfirmasi melalui telefon. Minggu (16/5/2021).

Dua hari pasca lebaran, pihaknya sengaja menutup pusat perbelanjaan sebagai upaya meminimalisir kerugian yang nantinya berimbas ke pedagang.

Baca juga: Swab Tes Antigen di Pelabuhan Kayan II Dilakukan Seminggu, Dinkes Bulungan: Kita Mau Aman dan Sehat 

"Secara resiko lebih besar, daripada keuntungan yang didapat, apalagi setelah Lebaran seperti ini, masyarakat masih sibuk untuk menjalin silaturahmi bersama keluarga di rumah," jelas Arsyad.

Hari kedua penutupan, pihaknya mendapatkan menuai protes dari 10 pedagang, agar Pusat Perbelanjaan Kandilo Plaza dibuka kembali.

Menurutnya, pedagang berasalan tidak adanya pemberitahuan sebelumnya perihal penutupan tersebut.

Baca juga: Sungai Meluap, Dua Desa di Kecamatan Malinau Barat Tergenang, Warga Diminta Waspada

"Sempat mendapat komplain dari 10 pedagang kemarin, karena menurut mereka tidak ada pemberitahuan sebelumnya, kalau hanya 10 pedagang yang meminta untuk dibuka maka kita pikirkan dampaknya akan kembali ke mereka juga," urainya.

Sementara, untuk menimpali kejadian tersebut Arsyad mengaku hal itu dilakukan sebagai bagian dari menjalankan tugas Pemerintah.

Baik dalam instruksi pemerintah pusat, maupun Bupati Paser dalam menekan penyebaran Covid-19 yang ada di Kabupaten Paser.

"Keputusan tersebut kita ambil dengan cepat karena merespon instruksi dari Pemerintahan, dan tidak ada pemberitahuan oleh pengelola jauh hari sebelumnya," cetusnya.

Baca juga: Ketentuan Qadha Puasa atau Bayar Utang Puasa Ramadan, Sebaiknya Berurutan dan Tak Dicicil

Selain itu, kata dia, penutupan juga disebabkan pedagang yang akan berjualan hanya sedikit sehingga ia memutuskan untuk menutup.

Sementara, untuk Pasar Induk Panyembolum Senaken kata Arsyad, tidak diberlakukan penutupan, jadi pedagang dibebaskan untuk berjualan kapan saja.

Namun Arsyad mengingatakan, Arsyad mengingatkan agar setiap pedagang maupun pengunjung pusat perbelanjaan Kandilo Plaza maupun Pasar Panyembolum Senaken harus tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved