Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Sempat Teredam Banjir, Pengolahan Air Bersih di Kabupaten Malinau Kembali Normal

Malam tadi, perbekalan air bersih dihentikan sementara ke permukiman penduduk di wilayah Kabupaten Malinau.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Banjir tampak mulai surut di daerah permukiman penduduk, di wilayah Malinau Kota. Malam tadi wilayah ini terendam banjir setinggi lutut dan berangsur-angsur mulai pulih di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (17/5/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Malam tadi, perbekalan air bersih dihentikan sementara ke permukiman penduduk di wilayah Kabupaten Malinau.

Tiga instalasi pengolahan air (IPA) di Malinau terpaksa dihentikan sementara karena terendam banjir.

Manager Infrastruktur dan Manajemen Produk Perumda Apa' Mening, Sopiansyah menjelaskan, saat ini tiga IPA Malinau kembali berfungsi normal.

Baca juga: Ramalan Zodiak Selasa 18 Mei 2021 Besok, Libra Sedang Kerepotan dalam Banyak Hal

"Mulai Malam kemarin, operasi dihentikan sementara di 3 IPA, IPA Malinau, Kuala dan Singai. Pagi tadi karena ketinggian air menyusut, ketiganya kembali normal," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Senin (17/5/2021).

Perbekalan air bersih sempat dihentikan sementara akibat ketinggian mencapai mesin pompa. Ada tiga IPA yang menyalurkan pasokan air di wilayah Malinau.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Kota Tarakan Senin 17 Mei 2021, Siang Cerah Berawan, Hujan di Malam Hari

Meliputi IPA Kuala Lapang, IPA Malinau dan IPA Singai Terang. Ketiga-tiganya kembali beroperasi pagi tadi, sekira pukul 06:00 Wita.

"Sekarang sudah normal kembali. Kita kembali operasikan setelah dihentikan semalam akibat banjir. Mulai pukul 06:00 Wita ini air kembali disalurkan," katanya.

Adapun beberapa pelanggan yang belum teraliri air bersih dikarenakan pipa penyaluran air kosong. sehingga membutuhkan waktu untuk terisi kembali.

Baca juga: Detik-detik Banjir Terjang Malinau, Saksi Mata: Hanya Sekejap, Air Langsung Menghantam Rumah Kami

Air bersih diperkirakan akan tersalurkan kembali ke seluruh rumah pelanggan sekira 6 jam setelah IPA kembali dioperasikan.

"Diperkirakan akan kembali normal kurang lebih 6 jam. Pelanggan kami harap dapat menghemat pemakaian sampai air benar-benar pulih tersalurkan seperti biasa," ucapnya.

Pantauan TribunKaltara.com, beberapa daerah terdampak banjir seperti Desa Kuala Lapang dan Tanjung Lapang, air bersih telah kembali normal.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved