Breaking News:

Pilpres 2024

PDIP Inginkan Pilpres 2024 hanya Dua Paslon, Sulit Koalisi dengan PKS dan Demokrat: DNA Kami Beda

PDI Perjuanganinginkan Pilpres 2024 hanya diikuti dua pasangan calon (Paslon). PDIP sulit berkoalisi dengan PKS dan Demokrat, karena DNA ideologi beda

Editor: Sumarsono
Tribun Images
Viral pidato Megawati Soekarnoputri soal milenial, Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto lantas buka suara jelaskan maksudnya. Tribun Images 

TRIBUNKALTARA, JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) inginkan Pilpres 2024 hanya diikuti dua pasangan calon (Paslon). PDIP juga menyatakan sulit berkoalisi dengan PKS dan Demokrat, karena DNA ideologi partainya beda.

PDI Perjuangan pun itu akan membangun koalisi dengan partai politik (Parpol) lain untuk mempersempit kans partai lain mengusung paslon.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP inginkan Pilpres 2024 hanya diikuti dua paslon, sehingga tidak akan berlangsung dua putaran.

”Kkami akan bangun koalisi sehingga paling tidak pemilu ke depan hanya diikuti dua paslon, tidak akan ada dua pilpres, dua ronde," kata Hasto dalam diskusi yang digelar PARA Syndicate, Jumat (28/5).

Baca juga: Ganjar Pranowo Jawab Hubungannya dengan Puan Imbas PDIP Memanas Soal Calon di Pilpres 2024

Baca juga: Ganjar Pranowo Terancam Tak Bisa Kendarai PDIP di Pilpres 2024, Elite PDIP Jawa Tengah Buka Suara

Dikemukakan, PDIP sebenarnya bisa mengusung paslon sendiri di Pilpres 2024 tanpa harus berkoalisi dengan partai politik lain.

Lantaran jumlah kursi PDIP di parlemen sudah memenuhi syarat berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017, yakni 115 kursi. PDIP pada Pemilu Legislatif 2019 lalu meraih 128 kursi di DPR.

PDIP sengaja berkoalisi, namun tidak akan mempersulit partai-partai lainnya untuk berkoalisi agar memenuhi syarat kepemilikan kursi DPR.

Hasto mengatakan PDIP tidak ingin kontestasi politik menghabiskan energi.

Oleh karena itu lebih baik hanya ada dua pasangan calon di Pilpres 2024 agar tidak ada putaran kedua.

"Supaya energi bangsa ini bisa difokuskan mengatasi berbagai persoalan, terlebih mengejar kepemimpinan Indonesia," ujar Hasto.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved