Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Bupati Bulungan Syarwani Minta Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Bunyu Diperbaiki

Lokasinya yang terpisah dari daratan Bulungan, membuat Bupati Bulungan Syarwani meminta pelayanan administrasi kependudukan diperbaiki.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI
Bupati Bulungan Syarwani saat meresmikan ujicoba Mal Pelayanan Publik Bulungan, Kamis (26/6/2021). (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Berada di pulau yang terpisah dari wilayah daratan lainnya, menjadikan lokasi Kecamatan Bunyu cukup jauh dari Ibukota Bulungan di Tanjung Selor.

Kondisi ini kerap kali menyulitkan warga masyarakat di Bunyu yang hendak melakukan pengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Baca juga: Bakal Habiskan Anggaran Rp 100 Miliar, Pelabuhan Bunyu Kaltara Masih Terkendala Jalan 200 Meter

Sehingga Bupati Bulungan Syarwani menginginkan agar terjadi perbaikan pelayanan kependudukan bagi warga Bunyu.

Apalagi wilayah Bunyu sudah cukup mapan baik dari jaringan internet dan listrik.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Bulungan, Syarwani usai meresmikan Mal Pelayanan Publik Bulungan, Kamis (24/6/2021).

"Di Bunyu itu sebenarnya sudah berbasis data digital, karena di Bunyu sudah mapan secara jaringan dan listrik," ujar Bupati Bulungan, Syarwani.

"Kita tidak ingin masyarakat dari Bunyu itu ke Dukcapil Bulungan di Tanjung Selor di sini, coba berapa ratus ribu itu untuk transportasi? Itu kalau sehari selesai, kalau lebih dari itu berapa biayanya?" tambahya.

Dirinya mengatakan akan melakukan rapat internal dengan pihak Disdukcapil Bulungan terkait peningkatan pelayanan.

Seperti menempatkan salah seorang staf Disdukcapil ke wilayah Bunyu, hingga memindahkan beberapa alat perekaman data kependudukan dan pencatatan sipil ke Bunyu.

"Perbaikan itu yang akan kita lakukan tahun depan, minimal kita rapatkan di internal dulu, mudah-mudahan di tahun depan sudah bisa dilaksanakan, minimal pelayanan dasar," katanya.

"Nanti teman-teman di Disdukcapil Bulungan bisa menempatkan salah satu stafnya di kecamatan untuk memberikan layanan," ucapnya.

Baca juga: Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Suratno Minta Warga Pulau Bunyu Patuhi Protokol Kesehatan

"Tidak menutup kemungkinan alat perekaman di Capil ini bisa digeser, jadi tidak mesti harus datang ke sini.

Minimal pelayanan kependudukan itu yang kita pastikan karena itu setiap hari orang lahir setiap hari orang butuh mengurus data kependudukan," tuturnya

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved