Breaking News:

HUT Proklamasi

Meriahkan HUT ke-76 RI, Komunitas di Bulungan Bentangkan Bendera 76 Meter di Jembatan Sei Kayan

Hari Kemerdekaan, puluhan pemuda berhasil membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 76 Meter di atas Jembatan Sei Kayan.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 76 Meter di Jembatan Sei Kayan dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Hujan deras tak menyurutkan semangat dan rasa nasionalisme pemuda dari berbagai komunitas di Bulungan.

Tepat di Hari Kemerdekaan, puluhan pemuda berhasil membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 76 Meter di atas Jembatan Sei Kayan yang menghubungkan Tanjung Selor dan Tanjung Palas.

Tergabung dalam Eskpedisi Kayan Merah Putih setidaknya 20 Komunitas baik komunitas panjat tebing, klub motor hingga komunitas kepedulian sosial di Bulungan turut berkontribusi dalam kegiatan pembentangan bendera tersebut.

Baca juga: HUT RI ke 76 Bupati Asmin Laura Pakai Baju Adat Tidung, Upacara Dilakukan di Perairan Karang Unarang

Diungkapkan Penanggung Jawab Acara Kamaruddin, Ekspedisi Kayan Merah putih ada bentuk kreativitas dan wujud nasionalisme.

Menurutnya pembentangan bendera merah putih di atas Sungai Kayan dimaknai sebagai upaya mengajak kelestarian daerah aliran sungai atau DAS Kayan.

Baca juga: 30 Ucapan Selamat HUT ke-76 RI, Bisa Dibagikan di Facebook, Twitter, Instagram, hingga WhatsApp

"Kegiatan ini dilakukan oleh pemuda-pemudi kabupaten Bulungan yang tergabung dari kelompok serta komunitas, harapannya ini bisa berdampak positif bagi masyarakat Bulungan," kata Kamaruddin, Selasa (17/8/2021).

"Selain itu, ini bentuk kepedulian kita terhadap DAS Kayan yang menjadi pasokan utama air baku untuk masyarakat, yang perlu dirawat serta dijaga," tambahnya.

Pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 76 Meter di Jembatan Sei Kayan dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021)
Pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 76 Meter di Jembatan Sei Kayan dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021) (TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI)

Pihaknya mengaku bersyukur kegiatan swadaya ini mendapatkan perhatian serta dukungan dari pemerintah setempat.

Hal ini dapat dilihat dari kehadiran Bupati Bulungan Syarwani Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala serta jajaran Forkompinda Kabupaten Bulungan ke lokasi pembentangan bendera di tepian Sungai Kayan.

Baca juga: Cerita Andi Anya Paskibra Pembawa Baki di Nunukan, Alergi MSG saat Karantina, Grogi Langkah Mundur

"Awalnya rencananya ini tidak formal, tapi kemudian kami mendapatkan support dari pemerintah Bulungan dan kami apresiasi sekali dan ucapkan terima kasih," katanya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved