Breaking News:

Berita Internasional Terkini

80 Persen Populasi di Malaysia Sudah Divaksin Covid-19, Bersiap Alihkan Pandemi Menjadi Endemik

80 persen populasi di Malaysia sudah disuntik vaksin Covid-19, Malaysia saat ini, sedang bersiap alihkan status pandemi menjadi fase endemik.

Kolase TribunKaltara.com
Ilustrasi - Vaksin dan virus corona Covid-19. (Kolase TribunKaltara.com) 

TRIBUNKALTARA.COM - 80 persen populasi di Malaysia ditargetlan sudah disuntik vaksin Covid-19, Malaysia saat ini, sedang bersiap alihkan status pandemi menjadi fase endemik.

Keberhasilan Malaysia melakukan vaksinasi Covid-19 kepada rakyat, membuat rencana Negri Jiran Malaysia itu berencana mengalihkan pandemi kepada endemik.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin mengungkapkan, rencana untuk beralih dari pandemi Covid-19 ke fase endemik pada akhir Oktober.

Hal itu dilakukan oleh Malaysia, setelah 80 persen populasi di Malaysia diperkirakan selesai divaksinasi pada Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 di Bulungan Mulai Melandai, Bupati Syarwani Sebut Warga Mulai Taat Protokol Kesehatan

Malaysia dianggap sudah harus belajar untuk ‘hidup dengan virus.’

“Kita tunggu dua bulan ke depan, ketika 80 persen populasi sudah divaksinasi,” kata Khairy Jamaluddin dalam konferensi pers di kementerian pada Rabu (1/9/2021), dilansir dari The Star.

"Jadi saya dapat mengatakan pada saat itu kita akan mencapai fase di mana kita mulai hidup dengan virus,” tambahnya.

Berada dalam fase endemik maka akan ada lebih banyak sektor di Malaysia dibuka kembali dengan protokol kesehatan Covid-19 baru yang akan dipraktikkan.

“Ini adalah norma baru yang akan kita perkenalkan untuk memastikan kita dapat hidup dan tetap aman meskipun virus ada di antara kita,” ungkap Khairy.

Dikutip dari Malay Mail, pemerintah sedang menyiapkan prosedur operasional untuk memandu masyarakat hidup dengan Covid-19 ketika virus menjadi endemik.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved