Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Kagama Menginisiasi Budidaya Buah Anggur di Desa Inklusif Karya Jaya Kutai Kartanegara

Inisiator budidaya tanaman anggur Fauzul Idhi mengajak rombongan melihat langsung lokasi budidaya buah anggur yang saat ini memasuki masa berbuah.

Editor: Sumarsono
IST/Kagama
Inisiator budidaya tanaman buah anggur Fauzul Idhi mengajak rombongan melihat langsung lokasi budidaya buah anggur yang saat ini hampir memasuki masa berbuah (produktif). 

TRIBUNKALTARA.COM - Program Desa Inklusif yang digagas Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) telah berlangsung dua tahun di Desa Karya Jaya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanagera.

Berbagai pembinaan, pelatihan dan pendampingan telah berlangsung untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di desa yang status lahannya masih tumpeng tindih antara lahan garapan transmigrasi dan kehutanan.

Program tersebut mendapat dukungan dan pendampingan dari Kementerian Desa Tertinggal (Kemendes) sebagai bagian dari kerjasama (MoU) Desa Inklusif Kemendes-Kagama di beberapa daerah di Indonesia.

Demikian dikemukakan Joko Martono, Ketua Pengurus Daerah Kagama Kalimantan Timur dalam relesenya kepada TribunKaltara.com, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Kagama Balikpapan Berbagi Makanan & Minuman Sehat untuk Petugas yang Terlibat Penanganan Covid-19

Rombongan pengurus pusat Kagama dan pengurus daerah Kaltim melihat budidaya tanaman buah anggur di Desa Karya Jaya, Kutai Kartanegara.
Rombongan pengurus pusat Kagama dan pengurus daerah Kaltim melihat budidaya tanaman buah anggur di Desa Karya Jaya, Kutai Kartanegara. (HO/Kagama)

Pada Sabtu, 18 September 2021 rombongan Pengurus Pusat Kagama dipimpin Anwar Sanusi, Ph.D sebagai Wakil Ketua II bersama dengan Pengurus Daerah Kagama Kaltim serta beberapa Pengurus Cabang Kota/Kabupaten di Kaltim mengunjungi Deaa Karya Jaya.

Salah satu donatur dan inisiator budidaya tanaman buah anggur Fauzul Idhi mengajak rombongan melihat langsung lokasi budidaya buah anggur yang saat ini hampir memasuki masa berbuah (produktif).

“Fasilitas yang dibangun sejak empat bulan lalu oleh swadaya masyarakat desa dan mendapat pendampingan teknis pakar budidaya anggur dari Kagama di Yogyakarta,” jelas pria yang akrab disapa Didik Anggrat ini.

Anwar Sanusi mendapat kesempatan untuk menyerahkan tambahan dan menanam bibit anggur untuk kemudian akan dirawat oleh masyarakat.

Baca juga: Kagama Kerja Nyata di Desa Karya Jaya, Kabupaten Kutai Kartanegara, Merintis Budidaya Buah Anggur

Dalam sambutannya, tokoh yang saat ini juga menjabat Sekretaris Jenderal Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan Kagama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di desa inklusif ini.

Untuk mempercepat akselerasinya masyarakat diminta segera membentuk kelompok Tenaga Kerja Mandiri yang akan difasilitasi Kementerian Tenaga Kerja.

Dia juga menggarisbawahi kekagumannya pada potensi wisata alam yang dimiliki Desa Karya Jaya dengan keberadaan Waduk Samboja yang bisa dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata di Kalimantan Timur.

Sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa inklusif dapat dilakukan sinergi Kagama dan Pemerintah Daerah dari berbagai aspek. (*)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved