Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

UKW LSPR dan Dewan Pers Resmi Ditutup, 46 Wartawan Kaltara Lulus Uji Kompetensi

Tiga dari 49 wartawan Kaltara tidak loloh uji kompetensi wartawan yang digelar LPKW LSPR dan Dewan Pers.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Cornel Dimas Satrio
TribunKaltara.com / Mohammad Supri
Direktur LPKW-LSPR, Dedi Irwandi menutup Uji Kompetensi Wartawan jenjang muda di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (25/9/2021). Hadir pula Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Utara, Iskandar Alwi (tengah) dan Ketua Komisi Pendidikan Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers, Jamalul Insan (kanan). (TribunKaltara.com / Mohammad Supri) 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) yang digelar Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan (LPKW) London School of Public Relations (LSPR) dan Dewan Pers, untuk para pewarta media di Kalimantan Utara (Kaltara), resmi ditutup, Sabtu (25/9/2021).

Berdasarkan laporan Direktur Lembaga Uji Kompetensi LSPR, Deddy Irwandy, tercatat 46 dari 49 wartawan di Kaltara dinyatakan berkompeten untuk jenjang muda.

Deddy Irwandy menerangkan, kriteria kompetensi wartawan jenjang muda dinilai berdasarkan 10 item yang diujikan selama 2 hari di Aula Tulip, Swiss-BellHotel Kota Tarakan, Kaltara.

"Uji Kompetensi yang kita adakan di Kaltara, dari 49 peserta ada 3 peserta yang tidak dapat mengerjakan ujian dengan tuntas, sehingga dinyatakan gagal," ujar Deddy Irwandi, saat menyampaikan sambutan penutup.

Meski demikian, Deddy mengajak peserta yang gagal dalam uji kompetensi agar tidak patah semangat.

Deddy berjanji LPKW LSPR dan Dewan Pers bakal mengupayakan uji kompetensi bisa digelar berkelanjutan untuk wartawan di Bumi Benuanta.

"Kami berupaya maksimal agar rekan-rekan mendapatkan legitimasi. Bukan dari lembaga uji tapi legitimasi atas dirinya sendiri. Ke depannya kegiatan serupa akan menyesUaikan," katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Utara, Iskandar Alwi turut mengapresiasi uji kompetensi untuk wartawan muda.

Menurutnya, sertifikasi wartawan menjadi legalitas sekaligus menjamin kompetensi dan uji kemampuan para pewarta di Kaltara.

"Uji kompetensi wartawan bertujuan untuk menjamin seorang wartawan benar-benar kompeten. Semoga selanjutnya kegiatan ini terus berlanjut," katanya.

Sebelumnya, uji kompetensi jenjang wartawan muda ini diikuti 49 wartawan dari Nunukan, Bulungan, Malinau, dan Tarakan.

Peserta dibagi 8 grup, dan masing-masing kelompok didampingi satu penguji.

Adapun penguji dalam UKW di Kaltara yakni, Yudono Yanuar Akhmadi, Sigit Setiono, Martha Warta Silaban, Joe Harrianto Setiawan, Aprida Sihombing, Jamalul Insan, Indria Purnamahadi, dan Ahmad Setyono.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved