Berita Tarakan Terkini

Petugas Lapas Tarakan Naik Pangkat dan Beri Sertifikat Warga Binaan, Gernabung jadi Bekal saat Bebas

Petugas Lapas Tarakan dapat kenaikan pangkat dan beri sertifikat warga binaan, Gernabung jadi bekal saat bebas dan kembali ke masyarakat.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Kegiatan penyematan tanda kepangkatan kepada petugas dan penyerahan sertifikat kepada warga binaan yang sudah selesai melaksanakan pelatihan, Rabu (17/11/2021). TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Petugas Lapas Tarakan dapat kenaikan pangkat dan beri sertifikat warga binaan, Gernabung jadi bekal saat bebas dan kembali ke masyarakat.

Upacara kenaikan pangkat petugas Lapas Kelas IIA Tarakan dirangkai dengan penyerahan sertifikat bagi pegawai dan warga binaan yang berprestasi, Rabu (17/11/2021) hari ini.

Kalapas Kelas IIA Tarakan, Yosep Benyamin Yembise mengungkapkan penyematan tanda pangkat kepada dua pejabat Lapas yang dilaksanakan hari ini adalah amanah.

Baca juga: Fokus Dua Kelurahan di Tarakan, Penyaluran Bantuan Sosial Program Sembako PPKM Dimulai Pekan ini

“Utamanya ketika satu tingkaat pangkat dinaikkan. Dan besok dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT. Semakin bertambah pangkat artinya semakin berat beban dan tanggung jawab kerja yang akan dijalani,” beber Yosep.

Di momen itu juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada para nakes yang merupakan pahlwan Covid-19.

“Saya sampaikan ini penghargaan dari negara, dan penghargaan lebih besar nanti akan diberikan oleh Allah,” ujarnya.

Selanjutnya, penyerahan sertifikat diberikan kepada puluhan warga binaan yang sudah tuntas melewati pelatihan pembuatan roti dan penggilingan bakso ikan belum lama ini bekerja sama dengan UPT LLK Disnaker Kota Tarakan.

Kata Yosep, tujuan dari sistem pemasyarakatan untuk menciptakan manusia mandiri dalam program unggulan Dirjen Pemasyarakatan.

“Di sana ada namanya resolusi pemasyarakatan, di dalamnya bagaimana asimilasi pemasyarakatan, bagaimana membina warga binaan salah satunya dengan mendapatkan sertifikat pelatihan kerja,” ujarnya.

Baca juga: Jadwal Speedboat Reguler di Pelabuhan Liem Hie Djung, Rute Nunukan ke Tarakan Rabu 17 November 2021

Selama ini kebaradaan Lapas Kelas IIA Tarakan tidaklah semenyeramkan seperti nama lapas pada umumnya. Justru dari dalam lapas kata Yosep, mereka banyak dibina untuk menjadi manusia lebih baik dan layak kembali ke masyarakat.

Selama kepemimpinannya kata Yosep, sudah banyak program yang dicanangkan. Di antaranya program Gerakan Pemberdayaan Narapidana Menabung (Gernabung).

“Dalam UU Pemasyarakatan, sudah tertuang yakni bagaimana menciptakan manusia mandiri. Artinya dapat bekerja mandiri disertai dengan bukti sertifikat,” ujarnya.

20 orang warga binaan hari ini yang menerima sertifikat adalah contoh bagaimana pemberdayaan warga binaan di dalam Lapas.

“Mereka 20 orang ini akan didaftarkan untuk mendapat buku tabungan. Hasil pelatihan mereka, hasil produksi kerja mereka bisa disimpan dan saat bebas nanti sudah bisa digunakan. Ini tujuan Gernabung disiapkan sebagai persiapan keluar menjadi manusia mandiri,” ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved