Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Sikapi Laporan Warga, DLH Bulungan Klaim tidak Ada Pencemaran di Sumber Air Bersih Desa Long Sam

Sikapi laporan warga, Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Bulungan klaim tidak ada pencemaran di sumber air bersih Desa Long Sam.

HO / DLH Bulungan
Tim DLH Bulungan saat mengunjungi dam sumber air bersih warga Desa Long Sam, di kawasan Gunung Petai, Desa Long Sam, Kecamatan Tanjung Palas Barat (HO / DLH Bulungan) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Sikapi laporan warga, Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Bulungan klaim tidak ada pencemaran di sumber air bersih Desa Long Sam.

Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Bulungan menyampaikan pihaknya tidak menemukan adanya pencemaran sumber air bersih di Desa Long Sam, Kecamatan Tanjung Palas Barat.

Sebelumnya pihak DLH Bulungan telah mengirim tim ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan terhadap tingkat keasaman dan kebasaan air, setelah mendengar adanya informasi pencemaran sumber air bersih akibat aktivitas pembukaan perkebunan kelapa sawit.

Baca juga: Hari Ini Pemkab Bulungan Gelar Seleksi Terbuka 11 Jabatan Eselon II, Syarwani: Satu Orang Gagal

Temuan tim di lapangan menunjukan, tidak adanya pencemaran di sumber mata air Desa Long Sam yang lokasinya masuk dalam wilayah HGU perkebunan sawit PT Gawi.

Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas Kepala DLH Bulungan, Abdul Hafidh, Senin (22/11/2021).

"Airnya jernih saja, Kondisi lapangan baik-baik saja, aman-aman saja," kata Abdul Hafidh.

"Kita kemarin verifikasi awal saja di dam. Aman saja air jernih dengan pH 7, lokasinya cukup jauh masuk ke dalam, memang posisinya di HGU tapi tidak masalah juga," terangnya.

Dengan kondisi tersebut, Abdul Hafidh mengungkapkan bahwa pihak Desa Long Sam memang menginginkan memindahkan sumber mata air ke lokasi baru.

Abdul Hafidh pun menyerahkan keinginan pihak Desa Long Sam yang hendak memindahkan lokasi sumber air bersih kepada pihak perusahaan.

Baca juga: Sosialisasi Pemilu 2024, KPU Bulungan Luncurkan Tenguyun Podcast, Suryanata Beri Apresiasi

"Karena mereka ingin meminta pindah mata air, dan dari kami kalau memang tidak ada pencemaran kita mau bilang apa, karena memang aman-aman saja," ujarnya.

Kendati tidak menemukan pencemaran, pihak DLH Bulungan berpesan agar pihak desa dapat melakukan pemeliharaan pipa distribusi dari sumber mata air bersih ke permukiman warga.

"Memang perlu pemeliharaan, karena pipa yang menuju ke permukiman diameternya kecil, kemungkinan ada pipa yang tertutup semak belukar jadi ngalirnya kecil," tuturnya.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved