Breaking News:

Sejarah Hari AIDS Sedunia yang Diperingati Tiap 1 Desember, Dicetuskan Pertama Kali pada 1987

Sejarah Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember yang pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W Bunn dan Thomas Netter.

Editor: N Anastasia
WHO
Hari AIDS Sedunia 1 Desember. 

TRIBUNKALTARA.COM - Sejarah Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember yang pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W Bunn dan Thomas Netter.

Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Direktur program AIDS Global atau yang saat ini dikenal sebagai UNAIDS, Dr. Jonathan Mann.

Lalu, Dr Mann menyetujui konsep tersebut dan sepakat untuk peringatan pertama Hari AIDS sedunia diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Pada 1 Desember dipilih agar mendapatkan peliputan maksimal dari media barat, terutama setelah berakhirnya Pemilu AS.

Baca juga: 15 Link Twibbon Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2021, Bagikan di Media Sosial

Pada saat itu, tidak semua masyarakat memahami AIDS bisa dialami oleh siapa pun karena ada stereotip jika penderita AIDS identik dengan gay, biseksual, atau pengguna narkoba suntik.

Selain itu, Bunn dan Netter merasa tanggal 1 Desember cukup lama setelah pemilu dan cukup dekat dengan libur natal, sehingga pada dasarnya tanggal 1 Desember adalah tanggal mati dalam kalender berita.

Dengan demikian tanggal tersebut merupakan waktu yang tepat untuk hari AIDS Sedunia.

Pada 18 Juni 1996, sebuah proyek "AIDS Lifeline" memperoleh penghargaan "Presidential Citation for Provate Sector Initiatives", yang diserahkan oleh Presiden Ronald Reagan.

Bun kemudian diminta oleh Dr. Mann, atas nama pemerintah AS untuk mengambil cuti dua tahun dari tugas-tugas pelaporannya untuk bergabung dengan Dr.Mann dan membantu menciptakan program AIDS Global.

Bunn menerimanya dan diangkat sebagai Petugas Informasi Umum pertama untuk Program AIDS Global.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved