Breaking News:

Mulai 1 Desember 2021 Kartu ATM BCA Magnetik tak Bisa Dipakai, Berikut Solusinya

Mulai hari ini, 1 Desember 2021, kartu ATM BCA magnetic tidak bisa dipakai untuk transaksi, karena BCA sudah beralih menggunakan ATM berbasis cip.

Editor: Sumarsono
sogdia.blockablock.info
Ilustrasi kartu ATM dengan chip. 

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA  - Mulai hari ini, 1 Desember 2021, kartu ATM BCA magnetic tidak bisa dipakai untuk transaksi, karena BCA sudah beralih menggunakan ATM berbasis cip.

Pihak PT Bank Central Asia Tbk (Tbk) secara resmi memblokir penggunaan kartu debit atau kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) strip magnetik mulai hari ini, Rabu (1/12/2021).

Artinya, pengguna kartu ATM versi lama (magnetik) sudah tidak bisa lagi menggunakan untuk transaksi BCA atau ke bank lain.

Lalu bagaimana solusinya, bagi nasabah yang menggunakan ATM versi lama?

Baca juga: Tukarkan Kartu ATM BCA Non Chip sebelum 1 Desember 2021, Bisa Lewat Aplikasi Halo BCA

Menurut Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn, perusahaan sebenarnya sudah sosialisasi kepada nasabahnya untuk melakukan penukaran kartu debit menjadi kartu debit berbasis cip.

"Komunikasi untuk pergantian kartu ATM melalui berbagai media massa, SMS, pemberitahuan atau notifikasi di BCA mobile dan layar ATM, serta berbagai platform sosial media," kata Hera kepada Kompas.com, Rabu (1/12/2021).

Meski demikian, ternyata masih saja ada nasabah yang belum melakukan penukaran kartu debit lamanya.

"Tercatat hingga Oktober 2021, jumlah Kartu Debit BCA sekitar 24,8 juta, dan hampir 22,2 juta (sekitar 88 persen) sudah menggunakan cip," kata Hera.

Bagi nasabah yang kartu ATM magnetiknya diblokir BCA, diharapkan segera menukarkan kartu debit lamanya dengan kartu debit berbasis cip.

Baca juga: Segera Ganti Kartu ATM Baru! Kartu ATM Lama Hanya untuk Tabungan Bersaldo Maksimal Rp 5 Juta

Untuk mempermudah penukaran ATM lama, BCA menyiapkan 3 jenis layanan penukaran.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved