Berita Kaltara Terkini

Ketum PDIP Megawati Copot Norhayati Andris dari Ketua DPRD Kaltara, DPD sudah Terima Surat

Megawati Soekarnoputri telah mencopot jabatan Norhayati Andris dari Sekretaris DPD PDIP Kaltara dan Ketua DPRD Kaltara.

Kolase TribunKaltara.com/Georgie Sentana Hasian Silalahi
Surat Pencabutan terhadap jabatan Norhayati Andris serta Pengesahan dan Penetapan Ketua DPRD Provinsi Kaltara. (Kolase TribunKaltara.com/Georgie Sentana Hasian Silalahi) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri mencopot Norhayati Andris dari jabatannya sebagai Sekretaris DPD PDIP Kalimantan Utara dan Ketua DPRD Kaltara.

Pencopotan Norhayati Andris tertuang dalam surat DPP PDIP yang isinya membebastugaskan politikus asal Tarakan itu dari posisinya sebagai sekretaris DPD PDIP Kaltara dan legislatif.

Melalui surat DPP PDIP bernomor 3547/IN/DPP/XI/2021, dinyatakan tidak lagi menjabat sebagai Ketua DPRD Kaltara dan Sekretaris DPD PDIP Kaltara.

Surat itu pun ditandatangani Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto tertanggal 29 November 2021.

"Mencabut perihal pengesahan dan penetapan Calon Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara atas nama Norhayati Andris, dan dinyatakan tidak berlaku lagi," bunyi surat tersebut.

Surat Pencabutan terhadap jabatan Norhayati Andris serta Pengesahan dan Penetapan Ketua DPRD Provinsi Kaltara. (Kolase TribunKaltara.com/Georgie Sentana Hasian Silalahi)
Surat Pencabutan terhadap jabatan Norhayati Andris serta Pengesahan dan Penetapan Ketua DPRD Provinsi Kaltara. (Kolase TribunKaltara.com/Georgie Sentana Hasian Silalahi) (Kolase TribunKaltara.com/Georgie Sentana Hasian Silalahi)

Baca juga: Lokasi Gedung Baru DPRD Kaltara Kembali Dipindah, Norhayati Andris Harap 2024 Pembangunan Selesai

Di dalam surat juga dinyatakan bahwa Albertus Stefanus Marianus ditetapkan sebagai Ketua DPRD Provinsi Kaltara dari PDIP untuk periode 2019-2024.

TribunKaltara.com mencoba mengonfirmasi hal ini kepada Norhayati Andris, namun hingga saat ini belum memberikan jawaban.

Sebelumnya, pada Kamis 2 Desember 2021 siang, Norhayati Andris sempat mengikuti rapat bersama Forkopimda selaku Ketua DPRD Kaltara.

Rapat tersebut dihadiri Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan di Gedung Gadis, Provinsi Kaltara.

Kala itu Norhayati Andris masih melayani para wartawan yang terkait progres KIPI di Tanah Kuning - Mangkupadi.

Baca juga: Jelang Groundbreaking KIPI, DPRD Ingatkan Masyarakat Kaltara Tak Boleh Jadi Penonton

Penjelasan DPD PDIP Kaltara

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP, Jhonny Laing Impang, mengungkapkan telah memegang surat keputusan DPP PDI Perjuangan terkait dibebastugaskannya Norhayati Andris dari jabatan sebagai Sekretaris DPD PDIP Kaltara masa bakti 2019-2024, serta jabatannya selaku Ketua DPRD Kaltara periode 2019-2024.

"Kita sudah mendapat keputusan dari dewan pimpinan pusat, yaitu tanggal 29 November 2021, nomor 3547/IN/DPP/XI/2021 tentang pencabutan surat, dan serta pengesahan penetapan ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara," ungkapnya Kamis (2/12/2021).

"Alat kelengkapan DPD ini merupakan Prerogatif partai untuk menetapkan kadernya sebagai penugasan yang selama ini ibu Norhayati ditugaskan, menjadi ketua DPRD Provinsi," ujarnya.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Kader, PDIP Kalimantan Utara Laksanakan Bimbingan Teknis

"Maka dengan surat ini, saudara ibu Norhayati, dicabut surat keputusannya, digantikan pengesahannya dan penetapan Albertus Stefanus Marianus ST, sebagai ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara, yang merupakan kewenangan dari partai PDI Perjuangan" ungkap Jhonny Laing Impang.

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved