Berita Tarakan Terkini

Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 500 Meter, Meriahkan HUT ke-24 Kota Tarakan, Warga Antusias

Antusias ribuan warga Tarakan tampak tumpah ruah memadati sepanjang jalan Mulawarman hingga Jalan Yos Sudarso, Minggu (19/12/2021) siang hingga sore.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Kirab Bendera Merah Putih di perempatan GTM 85 lembaga dan komunitas tergabung dalam Gerakan di Bawah Satu Bendera Kota Tarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-24 Kota Tarakan, Minggu (19/12/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Antusias ribuan warga Tarakan tampak tumpah ruah memadati sepanjang jalan Mulawarman hingga Jalan Yos Sudarso, Minggu (19/12/2021) siang hingga sore tadi.

Mereka tak sabar menanti parade kirab Bendera Merah Putih sepanjang 500 meter yang dimulai dari depan Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan, Jalan Mulawarman sebagai titik start dan finish di lampu merah perempatan Kelurahan Sebengkok Jalan Yos Sudarso.

Untuk diketahui, aksi kirab Bendera Merah Putih ini untuk kedua kalinya dilaksanakan di Kota Tarakan. Ini juga dalam rangka memeriahkan HUT ke-24 Kota Tarakan yang jatuh pada 15 Desember 2021 kemarin.

Baca juga: Menuai Sorotan, Ini Akar Masalah Bendera Merah Putih tak Berkibar Saat Indonesia Juara Piala Thomas

Kegiatan kirab Bendera Merah Putih ini melibatkan 85 lembaga/instansi dan komunitas dengan panjang bendera 500 meter dan lebar dua meter.

Inisiator Gerakan di Bawah Satu Bendera Kota Tarakan, Che Ageng mengatakan bahwa kegiatan kirab bendera ini berkat kerja sama lembaga, ormas dan seluruh komunitas yang ada di Kota Tarakan. Persiapannya sendiri sekitar satu bulan kata Che Ageng.

Baca juga: Semifinal Thomas Cup Indonesia vs Denmark, Bendera Merah Putih tak Akan Berkibar, Berikut Alasannya

" Ini dilakukan karena teman-teman rindu akan keramaian. Karena biasanya ulang tahun Kota Tarakan ada keramaian, tapi tahun ini sepi. Sehingga kami berinisiasi untuk melakukan satu kegiatan yang bisa melibatkan banyak orang dan harus ada benda yang kami pegang dan kami putuskan itu Bendera Merah Putih," tutur Che.

Che Ageng melanjutkan, kirab ini juga sebagai ungkapan rasa nasionalisme dan tentu dengan kirab Bendera Merah Putih tidak akan ditolak oleh siapapun.

Kirab Bendera Merah Putih di perempatan GTM 85 lembaga dan komunitas tergabung dalam  Gerakan di Bawah Satu Bendera Kota Tarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-24 Kota Tarakan, Minggu (19/12/2021)
Kirab Bendera Merah Putih di perempatan GTM 85 lembaga dan komunitas tergabung dalam Gerakan di Bawah Satu Bendera Kota Tarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-24 Kota Tarakan, Minggu (19/12/2021) (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Hari ini saja lanjutnya, sekitar 2.000 orang ikut dilibatkan dalam kirab dan berjalan kaki dari Jalan Mulawarman sampai Jalan Yos Sudarso.

"Ada 85 lembaga dari unsur ormas, kesukuan, pencinta alam, komunitas, bem universitas dan sebagainya," tuturnya.

Baca juga: Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Provinsi Kaltara, Amelia Mengaku Gugup Saat Prosesi ini

Ia mengungkapkan makna dari pelaksanaan kirab ini agar masyarakat dan pemuda dapat menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya Tarakan yang memiliki banyak suku dan agama.

Tahun 2019 lalu sebelum pandemi sebenarnya pernah dilakukan kirab. Namun ukurannya hanya sepanjang 220 meter dan itu juga dilaksanakan di momen HUT Tarakan.

Ini kali kedua dan tahun ini panjang bendera 500 meter.

"500 meter ini adalah kondisi keuangan teman-teman. Ini adalah murni dari donatur yang peduli dengan gerakan kami. Kami tidak melibatkan pemerintah, namun teman organisasi yang ikhlas menyumbangkan keahliannya. Kami jahit benderanya secara manual," bebernya.

Baca juga: Jatuhkan Bendera Merah Putih, Oliva Jensen Minta Maaf, Gurun Lapor ke Mabes Polri: Harus Diproses 

Kegiatan dijadwalkan pukul 13.00 WITA start dari Jalan Mulawarman. Namun baru pukul 14.30 WITA rombongan mulai berjalan.

"Jam 10 massa sudah membeludak. Masyarakat juga antusias menyaksikan ini," pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved