Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Tiga Hari Lagi, RSUD dr H Jusuf SK Laksanakan Vaksinasi Booster, Target 150 Dosis Tiap Hari

Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan vaksinasi booster atau suntikan ketiga mulai dilakukan termasuk di daerah-daerah.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Plt Dirut RSUD dr.H.Jusuf SK, dr. Franky Sientoro membeberkan pihak rumah sakit siap melaksanakan booster dalam waktu dekat. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKANPresiden RI Joko Widodo menginstruksikan vaksinasi booster atau suntikan ketiga mulai dilakukan termasuk di daerah-daerah.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Jusuf SK saat ini melakukan persiapan melakukan vaksinasi booster.

Dikatakan Plt RSUD dr.H.Jusuf SK, sesuai instruksi Presiden RI, vaksin booster akan dilaksanakan untuk usia risiko lansia dengan komorbid.

Baca juga: Vaksinasi Booster Dimulai, Untuk Kaltara Difokuskan Penerima Vaksin Primer Sinovac dan AstraZeneca

Ia membeberkan, sebenarnya vaksinasi booster itu seharusnya sudah dimulai sejak Rabu (12/1/2022) kemarin.

“Seharusnya sudah mulai diadakan pemberian booster atau suntikan ketiga dengan platform dasar vaksin dosis 1 misalnya Sinovac maka vaksin ketiganya adalah Pfizer,” ujar dr. Franky Sientoro.

Baca juga: Vaksin Booster Dimulai, Satgas Covid-19 Kaltara Sebut Masyarakat Dapat Datangi Layanan Vaksinasi

Ia lebih lanjut menjelaskan, khusus di RSUD dr.H.Jusuf SK, karena awalnya menggunakan jenis vaksin Sinovac, maka dalam waktu dekat akan melaksanakan vaksin Booster menggunakan Pfizer.

“Ukurannya setengah dari dosis awal. Awalnya 0,30 ml suntik dosis pertama menjadi 0,15 ml dosis ketiga,” sebutnya.

Plt Dirut RSUD dr.H.Jusuf SK, dr. Franky Sientoro membeberkan pihak rumah sakit siap melaksanakan booster dalam waktu dekat.
Plt Dirut RSUD dr.H.Jusuf SK, dr. Franky Sientoro membeberkan pihak rumah sakit siap melaksanakan booster dalam waktu dekat. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Ia melanjutkan, saat ini pihaknya dalam proses persiapan logistik termasuk stok vaksin. Biasanya kata dr.Franky, pusat yang diprioritaskan baru nanti didistribusikan ke daerah.

“Saya berharap nanti dalam dua tiga hari sudah bisa laksanakan booster sambil tetap laksanakan vaksin sebelumya,” ungkap dr.Franky Sientoro.

Baca juga: Vaksinasi Booster Dimulai, Satgas Covid-19 Kaltara Minta Pemda Mendata Kebutuhan Vaksin Moderna

Adapun jumlahnya sendiri dijelaskan dr. Franky, untuk data diprediksi Kota Tarakan karena banyak instansi yang melaksanakan, pihaknya menargetkan bisa menyuntikkan 100-150 dosis dalam sehari.

Kriterianya sendiri untuk rumah sakit lanjutnya, suntikan awalnya menggunakan Sinovac dan boosternya menggunakan Pfizer.

“Awalnya kami tidak melaksanakan AstraZeneca. AstraZeneca nanti akan dikombinasikan dengan Moderna,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved