Pemindahan IKN

Jadi Penyangga IKN Nusantara, Samarinda Siapkan Rumah Hunian Tipe Murah, Harga Mulai Rp 153 Juta

Geliat rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mulai terasa. 

Editor: Sumarsono
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Ilustrasi perumahan. 

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA – Geliat rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mulai terasa. 

Termasuk daerah penyangga IKN Nusantara, yakni Kota Samarinda dan Kota Balikpapan yang telah menyiapkan diri membangun infrastruktur dan sarana prasarana penunjang lainnya.

Bisnis properti atau hunian bagi para pendatang dari luar Kalimantan Timur mulai siap dibangun di dua daerah penyangga tersebut, termasuk hunian bagi masyarakat menengah ke bawah.

Kota Samarinda, sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur yang lokasinya tak jauh dari IKN Nusantara, masuk dalam daftar daerah incaran tempat tinggal nanti bagi masyarakat dari luar.

Baca juga: Tahap Awal Pembangunan IKN Nusantara dan Skema Pembiayaan

Seiring pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur, Samarinda merupakan salah satu kota yang menjadi penggerak ekonomi masa depan dan menunjang IKN Nusantara.

Kota Samarinda merupakan jantung dan pusat sejarah Kalimantan Timur dengan sektor energi yang diremajakan.

Kota yang dilintasi Sungai Mahakam ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, lokasi IKN yang menjadi salah satu daerah kaya dengan sumber daya alam dan penyumbang devisa bagi negara.

Dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur yang memadahi di Samarinda ditunjang lokasi yang tidak jauh dengan IKN, maka daerah ini bakal menjadi incaran investor.

Apalagi akses konektivitasnya sudah ditunjang Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Tidak sampai 1 jam perjalanan dari Samarinda menuju kawasan IKN Nusantara.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved