Berita Papua Terkini

Perbaiki Tower Pemancar Jaringan, KKB Papua Tembaki 8 Karyawan Hingga Tewas di Distrik Ilaga

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang delapan karyawan PT Palaparing Timut Telematika (PTT) hingga tewas di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Papua.

Kolase TribunKaltara.com / Facebook TPNPB
ILUSTRASI - Jenderal TNI dan KKB Papua. (Kolase TribunKaltara.com / Facebook TPNPB) 

TRIBUNKALTARA.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang delapan karyawan PT Palaparing Timut Telematika (PTT) hingga tewas di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (2/3/2022) sekitar pukul 13.00 WIT.

Para karyawan tersebut diserang KKB Papua saat melakukan perbaikan Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel.

Dijelaskan Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Aqsha Erlangga, peristiwa penyerangan oleh KKB papua itu kemudian diketahui setelah salah seorang karyawan PTT lainnya bernama Ali melaporkan via telepon.

Melalui CCT yang berada di sekitar lokasi kejadian, lanjut Kolonel Inf Aqsha Erlangga, terlihat melalui rekaman CCTV tower PTT bahwa salah seorang karyawan PTT yang selamat bernama NS dan meminta bantuan di Tower BTS 3.

Baca juga: Bukan Hanya Tembaki TNI, KKB Papua Juga Bakar 4 Rumah Warga Distrik Ilaga, Aksinya Terekam Drone

Dikatakan Kolonel Inf Aqsha Erlangga, evakuasi akan dilakukan hari ini Jumat (4/3/2022).

"Kemungkinan dari Polda Papua dan juga perbantuan dari Kodam XVII/Cenderawasih bersama akan membantu evakuasi serta sudah barang tentu Polda Papua akan mencari pelaku pembunuh,” kata Aqsha.

Aqsha menambahkan, peristiwa ini merupakan sebuah kejahatan kriminal luar biasa.

"Karena merupakan kejahatan kriminal luar biasa yang mengakibatkan delapan orang masyarakat sipil meninggal dunia, maka penanganan akan ditangani oleh pihak Kepolisian dalam hal ini Polda Papua," ujar dia.

"Akibat dari penyerangan tersebut, delapan orang Karyawan PTT meninggal dunia, hal tersebut terlihat melalui rekaman CCTV tower PTT bahwa salah seorang karyawan PTT yang selamat bernama NS dan meminta bantuan penyelamatan di Tower BTS 3," kata Aqsha dalam keterangan tertulis, Kamis (3/3/2022).

Baca juga: Tak Hanya Tembaki Prajurit TNI, Karyawan Perusahaan di Ilaga Juga jadi Sasaran Aksi Brutal KKB Papua

Seorang Prajurit TNI Ditembak KKB di Intan Jaya Papua

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali berulah di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Sabtu (5/2/2022).

Seorang personel Satgas Kodim Yonif PR 328/DGH Prada Giyade Ramadhani Fattah yang bertugas di Pos TNI Titigi, terluka akibat terkena tembakan di bagian kaki.

"KKB kembali menembak seorang prajurit TNI atas nama Prada Giyade Ramadhani Fattah," ujar Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Warga Papua Aqsha belum bisa menyampaikan kronologi kejadian, karena terkendala sinyal telekomunikasi yang sulit di lokasi kejadian.

Namun, ia memastikan, setelah terjadi penembakan, personel TNI yang berada di pos terdekat langsung menuju ke lokasi.

"Setelah ada informasi penembakan yang dilakukan KST, kemudian dua tim beranggotakan personel Satgas Kodim Yonif PR 328/DGH dari Pos Mamba tiba di Koramil 1705-08/Sugapa untuk melakukan evakuasi," kata dia.

Menurut Aqsha, proses evakuasi menggunakan Heli TNI Angkatan Udara Caracal dan Penerbad Bell-412EP dari Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika telah berhasil dilakukan.

"Pukul 14.00 WIT, Heli TNI AU yang mengevakuasi tiba di Helipad Lanud Y Kapiyau Timika. Kemudian, korban luka tembak segera dibawa menuju RSUD Kabupaten Mimika menggunakan ambulans untuk mendapat perawatan lebih intensif," kata Aqsha.

(*)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved