Berita Nasional Terkini

Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp 3 Juta Akan Dapat Bantuan Subsidi Upah, Cair Bulan ini

Pemerintah akan kembali memberikan Bantuan Subsidi Upah bagi tenaga kerja yang memiliki gaji di bawah Rp 3 juta per bulan

Editor: Hajrah
Thinkstockphotos.com
Ilustrasi rupiah. Pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Untuk Pekerja Bergaji di bawah Rp 3 Juta. (Thinkstockphotos.com) 

TRIBUNKALTARA.COM- Pemerintah akan kembali menggulirkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada 8,8 juta tenaga kerja yang memiliki gaji di bawah Rp 3 juta per bulan.

Sebagai informasi, sebelumnya di tahun 2020 sampai 2021 pemerintah juga memberikan BSU untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan subsidi tersebut merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022.

"Ada arahan dari Bapak Presiden terkait dengan Bantuan Subsidi Upah yang akan terus dimatangkan untuk 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji kurang dari Rp 3 juta,"terang Airlangga.

Airlangga mengatakan, bantuan tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Program ini sedang dimatangkan, kemungkinan dalam waktu dekat ini akan segera diumumkan," kata Airlangga.

Perlu diketahui, bahwa hingga 1 April, realisasi PEN tahun 2022 mencapai Rp 29,3 triliun atau setara 6,4 persen dari alokasi sebesar Rp455,62 triliun.

Mengutip dari kominfo.go.id, berikut rincian realisasi anggaran PC-PEN:

- Penanganan Kesehatan, realisasi sebesar Rp1,55 triliun (1,3 persen alokasi), terutama untuk Insentif Perpajakan atas Vaksin dan Alat Kesehatan, dan Penanganan Covid-19 melalui Dana Desa.

- Perlindungan Masyarakat, realisasi sebesar Rp22,74 triliun (14,7 persen alokasi), khususnya untuk Program PKH, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, BLT Desa, dan Bantuan Tunai PKLWN.

- Penguatan Pemulihan Ekonomi, realisasi sebesar Rp5,02 triliun (2,8 persen alokasi), utamanya untuk program pariwisata, pangan, subsidi/IJP UMKM, dan Insentif Perpajakan.

Direncanakan Cair April Ini

Mengutip Kompas.com, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi memastikan Bantuan Subsidi Upah (BSU untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp 3 juta per bulan bakal cair bulan April 2022.

“Iyalah (pemberian BSU) bulan ini (April 2022),” kata Anwar.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved