Mutiara Ramadan

Golongan yang Mendapat Keringanan Bila Tidak Puasa

Di bulan Ramadhan ini kita harus mengisinya dengan amalan-amalan baik janganlah mengisinya dengan perbuatan yang sia-sia.

Editor: Amiruddin
HO/Herman Aisa Pabittei
Pelaksana Penyusun Bahan Penerbitan Dakwah pada Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan, Herman Aisa Pabittei 

Oleh : Herman Aisa Pabittei, S.Ag

(Pelaksana Penyusun Bahan Penerbitan Dakwah pada Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan)

TRIBUNKALTARA.COM - Artinya : “Hai orang - orang yang Beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajiban umat atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” QS. Al-Baqarah ayat 183

Sebagaimana Bulan Ramadhan adalah bulan taubah, Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, ”Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda: ’Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan berharap pahala, akan diampuni dosadosanya yang telah lalu ’.” (HR. AlBukhari dan Muslim)

Di bulan Ramadhan ini kita harus mengisinya dengan amalan-amalan baik janganlah mengisinya dengan perbuatan yang sia-sia.

Baca juga: Menghitung Hari Lebaran, Ketua DPRD Nunukan Ajak Masyarakat Tingkatkan Kualitas Ibadah Puasa

Berapa banyak orang yang memasuki bulan Ramadhan tapi dia tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya mendapatkan lapar dan dahaga.

Mengerjakan puasa tapi dia tidak meninggalkan bicara yang tidak baik, dan mengerjakan amal yang tidak baik maka ia tidak mendapat mendapat apa-apa kecuali hanya lapar dan haus saja. Sebagaimana hadits Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam :

Artinya: “Banyak orang yang berpuasa, namun ia tak mendapatkan apa pun dari puasanya selain rasa lapar saja.” (HR Imam Ahmad)

Untuk menghindari puasa yang kosong pahalanya, maka kita harus menghindari perbuatan-perbuatan yang bisa menyakiti orang lain dan merugi pada diri sendiri dan menjauhi penyakit hati.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved