Berita Tarakan Terkini

Dibawah Kepemimpinan Walikota Khairul, Kota Tarakan Tiga Tahun Berturut-turut Raih Opini WTP

Pemerintah Kota Tarakan kembali memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI HUMAS PEMKOT TARAKAN
Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes saat menerima penghargaan opini WTP dari Kepala BPK Kaltara, Arief Fadillah. 

TRIBUNKALTARA.COM,TARAKAN - Pemerintah Kota Tarakan kembali memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021.

Dengan demikian, maka genap tiga tahun berturut-turut Pemerintah Kota Tarakan memperoleh opini WTP setelah opini yang sama diperoleh pada tahun 2020 dan 2021 lalu.

Raihan opini tertinggi ini disampaikan dalam seremoni Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) oleh Kepala Perwakillan BPK-RI Kaltara kepada Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., pada Selasa (10/5/2022) kemarin.

Baca juga: Pemkab Nunukan Kembali Raih WTP dari BPK RI, Bupati Asmin Laura: Semoga ke Depan Ditingkatkan Lagi

Wali Kota yang diwawancarai media ini menyampaikan rasa syukurnya atas penilaian ini. Ia menyampaikan terima kasih kepada perwakilan BPK-RI Kaltara dan jajaran yang telah bekerja keras dalam melaksanakan audit, serta apresiasi kepada jajaran Perangkat Daerah yang telah menyajikan data selengkap-lengkapnya dan menindaklanjuti berbagai catatan oleh tim pemeriksa.

“Akuntabilitas merupakan bagian dari smart governance, yang merupakan bagian dari visi Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city,” ujar Wali Kota Tarakan, dr. Khairul.

Sebagai informasi lanjutnya, terdapat 817 rekomendasi yang disampaikan oleh BPK.
Dari jumlah tersebut, 91,55 persen telah ditindaklanjuti dan sisanya masih dalam proses tindak lanjut.

Baca juga: Tarakan Urutan Kedua Terbaik Tindaklanjuti Rekomendasi BPK, Wawali Komitmen Pertahankan WTP

Wali Kota pun berkomitmen untuk meningkatkan rasio penyelesaian temuan hingga tuntas sebagai wujud komitmen dalam meningkatkan akuntabilitas.

Akuntabilitas sendiri lanjutnya, diharapkan dapat memberikan dampak bagi masyarakat secara luas.

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes saat menerima penghargaan opini WTP dari Kepala BPK Kaltara, Arief Fadillah.
Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes saat menerima penghargaan opini WTP dari Kepala BPK Kaltara, Arief Fadillah. (TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI HUMAS PEMKOT TARAKAN)

Wali Kota juga turut memaparkan bahwa indikator pembangunan dan kemakmuran di Kota Tarakan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan sebelumnya Pertumbuhan ekonomi Tarakan berada di angka 4,02 persen tertinggi se-Kaltara.

Baca juga: Bupati Tana Tidung Serahkan LKPD TA 2021, Optimis Raih Opini WTP, Beber Ada Surplus Pendapatan

“Kemudian inflasi yang terkendali di angka 2,83 persen pada 2021, indeks pembangunan manusia berada angka 76,23 dan di atas rata-rata nasional, serta tingkat pengangguran terbuka turun ke angka 4,94 persen. Semoga kita lebih akuntabel dan berkualitas di masa mendatang,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved