Berita Tarakan Terkini

Pembangunan Tahap Pertama Dimulai, Asrama Transit Haji di Tarakan Bakal Telan Anggaran Rp 136 Miliar

Pembangunan asrama haji transit di Tarakan menelan anggaran sekitar Rp 136 miliar untuk pembangunan tiga gedung asrama.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltara, Drs. H. Saifi saat peletakan batu pertama pembangunan asrama transit haji di Tarakan. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Tahun ini pembangunan asrama transit haji di Tarakan resmi dimulai untuk tahap pertama.

Peletakan batu pertama pun sudah dilakukan di komplek Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kota Tarakan pada Sabtu (16/7/2022) kemarin dihadiri seluruh tokoh agama, ulama, masyarakat, dan unsur Forkopimda.

Dikatakan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltara, Drs. H. Saifi, asrama transit ini dibangun secara bertahap.

Secara keseluruhan anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan asrama haji transit menelan anggaran sekitar Rp 136 miliar untuk pembangunan tiga gedung asrama dan ditambah aula, kantor, BPHK, terintegrasi dengan ruang seminar.

Tahun ini lanjutnya, dimulai dengan pembangunan satu asrama haji baru berkapasitas 60 jemaah.

Kemudian ditambah ruang rapat, resepsionis dan aula kecil berjumlah tiga lantai.

“Kontraknya Rp 19,5 miliar dan keseluruhan anggaran Rp 20 miliar. Kami menyelesaikan tahun ini selanjutnya kembali diteruskan pengerjaannya di tahun depan,” urainya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Keluarga Jemaah Haji Bulungan Dilarang Jemput di Bandara Tanjung Harapan

Ia melanjutkan tahapan pertama ditarget enam bulan kontrak dengan rekanan sudah selesai dikerjakan dan selesai satu gedung.

Selanjutnya di 2023 mendatang, rencana dilanjutkan pembangunan gedung berikutnya kemudian di 2024 dan 2025.

“Pak Guberunur diwakili asisten menyampaikan mengharapkan ada proposal masuk ke Gubernur Kaltara biar bisa mempercepat sehingga tidak harus sampai di 2025. Siapa tahu di 2024 sudah bisa selesai,” urainya.

Termasuk dukungan Pemkot Tarakan, ada sisa tanah melingkar sekitar 80x 4 meter lebih baik dibuatkan parkir dan berharap dari Wali Kota Tarakan berkenan untuk menghibahkan.

Sebenarnya lanjut H. Saifi, target sampai 2025 dengan total anggaran Rp 136 miliar dan itu sudah dilengkapi dapur, aula kemudian perkantoran BPAH sehingga nanti penggunaannya tidak hanya saat musim haji tapi juga sepanjang tahun bisa dimanfaatkan pelaksana haji plus.

“Kan ada haji dan umrah lewat swasta, sepanjang tahun itu bisa bekerja sama dengan kita untuk manasik di sini,” urainya.

Ia melanjutkan asrama transji haji ini sendiri adalah langkah awal untuk mengumpulkan jemaah haji Kaltara menuju Embarkasi Haji Balikpapan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved