Berita Bulungan Terkini

Program Germas Cegah Stunting, Pemkab Bulungan Harap Ibu dan Anak Tingkatkan Pola Hidup Sehat

Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas cegah stunting, Pemkab Bulungan harap ibu dan anak tingkatkan pola hidup sehat.

(HO/PEMKAB BULUNGAN)
Suasana kegiatan Rapat Koordinasi Germas tingkat Kabupaten Bulungan di ruang pertemuan dinas kesehatan Selasa (23/8/2022) turut menghadirkan Sekretaris Daerah Risdianto dan Ketua TP PKK Bulungan Sri Nurhandayani. 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Pemerintah Kabupaten Bulungan terus berupaya meningkatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ini merupakan gerakan Nasional yang tertuang dalam Instruksi Presiden RI, Nomor 1 Tahun 2017.

Upaya pemerintah untuk meningkatkan itu, lebih dahulu digelar rapat koordinasi (Rakor) bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan.

Pertemuan tersebut, menunjukkan dukungan dan komitmen untuk mewujudkan Germas di Kabupaten Bulungan.

Mewakili Bupati Bulungan,Syarwani dalam hal ini hadir Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bulungan, Risdianto, yang membuka kegiatan secara resmi tersebut dalam ruangan pos Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kaltara Hari Ini, Selasa 23 Agustus 2022, Bulungan Pagi hingga Sore Cerah Berawan

"Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian," ujarnya Selasa (23/8/2022).

Risdianto katakan, berangkat dari keluarga serta berbekal proses pembelajaran menjadikan keluarga bisa menciptakan kemandirian untuk menyukseskan pelaksanaan Germas, seluruh lapisan masyarakat harus terlibat.

"Bukan hanya dari sisi pemerintah, tapi perlu ada dukungan dan dorongan oleh masyarakat," ucapnya.

Selain masyarakat, menurut Risdianto juga adanya dorongan dari sektor swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan

Serta harus bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat, dengan tujuan kesehatan masyarakat terjaga.

"Sehingga, produktivitas akan meningkat dan tercipta lingkungan yang bersih. Dan juga bisa tertolong dari sisi ekonomi, dengan biaya pengobatan yang efisien," ucapnya.

Baca juga: Tak Hanya Ribuan Butir Ekstasi, Polda Kaltara Juga Ungkap Peredaran Sabu di Bulungan dan Tarakan

Risdianto mengatakan dalam pidato kenegaraan tanggal 16 Agustus 2022, Presiden RI, Joko Widodo, menekankan pembangunan kesehatan masyarakat.

"Salah satunya menekan atau memangkas angka stunting secara Nasional.
Oleh karena hal demikian kiranya melalui Rakor Germas tingkat Kabupaten, yang dilaksanakan hari ini, dapat ditindaklanjuti dengan upaya atau kegiatan-kegiatan nyata di lapangan. Terutama dalam mengatasi kasus stunting," ucapnya.

Penulis: Georgie

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved