Berita Bulungan Terkini

Progres Pembangunan PLTA Kayan di Bulungan Dianggap Lamban, Ini Jawaban Direktur Operasional PT KHE

Progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Kayan di Bulungan dianggap lamban, ini jawaban Direktur Operasional PT KHE.

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Direktur Operasional PT KHE, Khaeronny ditemui di lokasi gudang bahan peledak konstruksi bendungan PLTA Kayan, Desa Muara Pangean, Kecamatan Peso, Bulungan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Direktur Operasional PT Kayan Hydro Energy (KHE), Khaerony mengatakan, pihaknya terus berprogres menjalankan realisasi investasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan.

Pernyataan itu ia sampaikan menanggapi sejumlah ungkapan dari warga desa dan juga Bupati Bulungan serta Kapolres Bulungan yang menilai progres pembangunan belum berjalan sesuai harapan.

Menurut Khaerony, anggapan tidak ada progres lantaran warga masyarakat hanya melihat sekilas dari lokasi konstruksi pembangunan bendungan PLTA di Desa Muara Pangean, Kecamatan Peso.

"Kalau gitu, mungkin ya mungkin karena tidak melihat, mungkin hanya melihat sekilas dari pinggir sungai," kata Khaerony.

Baca juga: Info Cuaca Kaltara Minggu 28 Agustus 2022, BMKG Prediksi Bulungan Diguyur Hujan Siang Hari Ini

"Tapi kalau kita perlihatkan fisiknya, kondisi di lapangan, kondisi pembangunan jalan mungkin baru terlihat," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, anggapan progres pembangunan yang lamban jika dilihat dari izin yang dipegang awal sejak 2012 lalu, lantaran syarat perizinan yang ada harus dituntaskan satu per satu.

"Kalau hitung dari izin memang lama, tapi kalau dilihat perizinan itu cukup banyak, ada sampai 40-an," ujarnya.

"Dan izin itu bertahap, harus A ke B, B ke C, tidak bisa langsung, jadi harus satu-satu, tidak bisa paralel," katanya.

Kini dengan telah rampungnya gudang bahan peledak, pihaknya meyakini target penyelesaian bendungan PLTA dapat selesai di 2025 mendatang.

“Diupayakan tahun 2025 jika kondisi lancar. Kenapa? Karena pembangunan PLTA ini sangat tergantung cuaca, tidak ada yang bisa memprediksi kondisi di lapangan,” katanya.

Baca juga: Masih Tunggu Kabar PUPR Bulungan Bangun Lahan Parkir, Pasar Buah Tanjung Selor Belum Beroperasi

"Kami sangat optimis bisa berjalan sesuai target karena untuk bendungan 1 semua izin sudah selesai, sementara untuk bendungan 2-5 izin juga sudah lengkap,” tuturnya.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved