Berita Tarakan Terkini

Stok Vaksin Menipis, BINDA Kaltara Jemput Bola ke Jakarta, Kini Tersedia 5.004 Dosis Pfizer

Binda Kaltara gelar vaksinasi Cvid-19 di Kota Tarakan, Minggu 28 Agutus 2022 di Halaman Kantor Pos Kota Tarakan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI HUMAS BINDA KALTARA
Kegiatan vaksinasi di Kantor Pos Kota Tarakan, Minggu (28/8/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Pekan keempat Agustus 2022, Kota Tarakan kembali diramaikan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Ini dalam rangka mengejar capaian realisasi booster yang saat ini masih di angka 22,58 persen atau sekitar 47.949 jiwa.

Data ini berdasarkan rilis Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan pada 28 Agustus 2022 kemarin.

Salah satu lokasi pelaksanaan vaksinasi yakni di Kantor Pos Kota Tarakan. Pelaksanaan vaksinasi ini adalah hasil inisiasi oleh BINDA Kaltara bekerja sama dengan Pemkot Tarakan, Lanud Anang Busra, Pertamina dan Kantor Pos Kota Tarakan.

Baca juga: Stok Vaksin Terbatas, Partisipasi Masyarakat Rendah, Capaian Vaksinasi Covid-19 Bulungan Tersendat

Pada pelaksanaan vaksinasi massal tersebut jumlah peserta vaksin mencapai 256 orang, dengan rincian, dosis pertama untuk Pfizer sebanyak 12 orang, dosis kedua jenis Pfizer sebanyak 8 orang, dosis ketiga atau booster Pfizer sebanyak 245 orang. Kmeudian ada juga dosis pertama jenis Covovax sebanyak 6 orang, dosis kedua Covovax sebanyak 1 orang dan dosis ketiga atau booster Covovax sebanyak 4 orang.

Komandan Lanud Anang Busra Kolonel Toto Ginanto, didampingi Kepala Badan Intelijen Negara Daerah ( Kabinda) Kalimantan Utara (Kaltara) Marsma TNI Aminul Hakim meninjau langsung kegiatan vaksinasi serentak Covid-19 yang diselenggarakan Minggu (28/8/2022) kemarin.

Kabinda Kaltara Marsma TNI Aminul Hakim mengatakan animo masyarakat cukup tinggi karena telah melebihi target yang telah ditentukan.

Baca juga: Sediakan 10 Vial Vaksin Covid-19, Dinkes Kabupaten Tana Tidung Lakukana Booster ke Masyarakat

“Kegiatan vaksin ini akan dilaksanakan sampai program vaksinasi selesai. Intinya kita mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kalimantara Utara khususnya Kota Tarakan bebas dari Covid-19 sesuai program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” ungkap Kabinda Kaltara.

Untuk itu lanjutnya, masyarakat masih banyak yang perlu divaksin dan butuh melakukan vaksin.

“Masalahnya keterbatasan waktu dalam melaksanakan vaksin. Makanya kami lebih fokus pada hari libur. Sekali lagi saya berterima kasih kepada satuan-satuan samping dari TNI-Polri khususnya dari Lanud Anang Busra yang selalu bekerjasama dalam kegiatan vaksin,” terang Kabinda Kaltara.

Kegiatan vaksinasi di Kantor Pos Kota Tarakan, Minggu (28/8/2022).
Kegiatan vaksinasi di Kantor Pos Kota Tarakan, Minggu (28/8/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI HUMAS BINDA KALTARA)

Melalui vaksinasi ini BIN mencoba mengatasi kendala ketersedian stok vaksin yang ada di Kaltara. Saat ini lanjutnya, diketahui stok vaksin sangat minim. Tidak hanya di Tarakan tetapi di Kaltara pun demikian.

“Hal ini terbukti setelah kita berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi, kabupaten dan kota. Karena itu kita cari solusi dan akhirnya berinisiatif jemput bola dengan mengambil vaksin dari Jakarta,” ungkap Kabinda.

Ini dilakukan pihaknya sebagai bentuk negara hadir untuk masyarakat yang kesulitasn mendapatkan vaksinasi di Kaltara.

Baca juga: 2.400 Nakes Tarakan Siap Vaksin Booster Kedua, Kepala Dinkes: Masih Menunggu Alokasi dari Pusat

Saat ini lanjutnya, terhitung kali ketiga BINDA men-support vaksin agar bisa hadir di Kaltara. Terbaru lanjutnya, ada 5.004 dosis vaksin jenis Pfizer.

“Tahap kedua kemaren kita support vaksin dari Jakarta yakni Moderna. Kita ketahui bersama animo dan partisipasi masyarakat terhadap vaksin Pfizer dan Moderna cukup tinggi. Terbukti dari capaian harian kita melebihi 100 persen dari target kita yah. Kita akan melaksanakan ini sampai program vaksinasi ini selesai,” tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved