Berita Bulungan Terkini

Baru 48 Persen APBD Bulungan 2022 Digunakan, DPRD Minta OPD Giat Lakukan Pekerjaan Fisik

Baru 48 persen APBD Bulungan tahun anggaran 2022 digunakan, DPRD Bulungan minta OPD Pemkab Bulungan terkait giat lakukan pekerjaan fisik.

KOLASE TRIBUNKALTARA.COM / GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bulungan H Hamka (kiri) dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bulungan Risdianto 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Wakil Ketua II DPRD Bulungan H Hamka mengatakan soal laporan terkini penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 yang dilakukan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait baru mencapai 48 persen.

"Progres kegiatan fisik dari awal bulan Januari sampai Agustus 2022 ini baru 48 persen, nah kami minta OPD terkait itu supaya OPD terkait harus bisa 100 persen kegiatan fisik akhir tahun," ungkapnya Selasa (30/8/2022).

Tak hanya itu, kata H Hamka soal OPD terkait harus bisa laksanakan kegiatan fisik sampai 100 persen hingga bulan Desember mendatang supaya pengguna APBD 2022 dapat terserap.

"Harus bisa 100 persen serapan anggaran sampai akhir tahun, sambil menunggu evaluasi terkait peningkatan ekonomi pasca Covid-19 artinya program pergeseran pergeseran," ucapnya.

Baca juga: Ditreskrimsus Dikawal Brimob Polda Kaltara Datangi Kantor Satker PJN di Bulungan, Duga Ada Korupsi?

Terutama sektor ekonomi, kesehatan serta infrastruktur Hamka meminta OPD terkait bisa secepatnya lakukan kegiatan berdampak positif kepada masyarakat.

"Infrastruktur juga tadi menjadi atensi dari  para pendapat fraksi berkaitan pembangunan dampak ke depannya dan nanti ada beberapa rapat evaluasi, internal dengan kepala daerah terkait pelaksanaan APBD perubahan," ujarnya.

Sementara itu, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bulungan Risdianto menambahkan intinya pemerintah daerah sudah mendengar terkait dengan pemandangan umum Fraksi di DPRD Bulungan.

"Yang berkaitan dengan rancangan APBD perubahan yang telah diajukan oleh pemkab Bulungan," ucapnya.

Bahkan kata Risdianto, ada beberapa catatan yang sudah dituangkan dalam bentuk pandangan umum.

"Kita akan menjawab dan masih diatur waktu serta penjadwalan. Karena ini menang menjadi atensi khusus untuk pemerintah daerah dan pada intinya kami senang ketika teman-teman DPRD yang telah memberikan pandangan dan koreksi berjalannya pemerintahan daerah, karena kami melihat ini untuk perbaikan dalam langkah berikutnya," ucapnya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kaltara Hari Ini, Selasa 30 Agustus 2022, BMKG: Bulungan Siang Hujan Sedang

Dengan demikian harapan Risdianto apa yang menjadi evaluasi akan ditingkatkan sesuai dengan visi-misi kepala dan wakil kepala daerah akan dilengkapi.

"Kita harapkan ini bisa dijalankan dengan baik, pada prinsipnya sektor kesehatan dan ekonomi masih menjadi fokus utama dalam urusan pembenhan oleh pemerintah daerah," ujarnya.

Penulis: Georgie

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved