Berita Nunukan Terkini

Antisipasi Permainan Harga Sembako Akibat Inflasi, Bupati Nunukan Bakal Panggil Para Pelaku Usaha

Antisipasi permainan harga sembako akibat inflasi, Bupati Nunukan Asmin Laura bakal panggil para pelaku usaha: Pemkab sudah menyiapkan langkah.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / FEBRIANUS FELIS
Bupati Nunukan Asmin Laura. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Bupati Nunukan Asmin Laura memberikan atensi terhadap inflasi yang terjadi di Indonesia dengan melakukan rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah bersama unsur Forkopimda, Senin (05/09/2022).

Saat ditemui seusai rapat koordinasi, Asmin Laura mengatakan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat menjadi hal yang utama untuk menghadapi situasi inflasi yang terjadi.

"Pemerintah daerah sudah menyiapkan beberapa langkah untuk ditindaklanjuti dalam waktu dekat. Harga barang naik ketika ada kelangkaan. Itu juga yang akan jadi perhitungan kami," kata Asmin Laura kepada TribunKaltara.com, pukul 12.00 Wita.

Laura menyebut inflasi perlu disigapi bersama, lantaran rawan terjadinya permainan harga barang kebutuhan pokok oleh pelaku usaha.

Baca juga: Mulai Hari Ini Harga Tiket Speedboat Reguler Rute Nunukan-Tarakan Naik Jadi Rp280.000

Sehingga perlu adanya pengawasan ketat yang dilakukan melalui dinas terkait bekerjasama dengan TNI-Polri.

"Besok kami mulai merumuskan langkah kongkret yang harus ditindaklanjuti bersama. Tentu kami sesuaikan dengan hasil vicon hari ini yang dipimpin langsung oleh Menko Marves RI yang difasilitas oleh Bapak Mendagri," ucapnya.

Orang nomor satu di Nunukan itu mengaku dalam waktu dekat, ia akan memanggil pelaku usaha untuk memberikan pengarahan berkaitan inflasi yang terjadi.

"Paling tidak pelaku usaha bisa paham dengan keadaan yang terjadi di Indonesia, utamanya Kabupaten Nunukan. Paling tidak bagaimana kita bisa stabilkan harga. Naik tapi tidak signifikan, itu biasa," ujar Laura.

Menurut Laura, pengendalian inflasi daerah bisa dilakukan juga dengan intervensi harga kebutuhan pokok melalui pasar murah atau menambah SOA (subsidi ongkos angkut) barang ke wilayah pelosok.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kaltara Senin 5 September 2022, Nunukan Hujan Ringan di Wilayah Ini Mulai Siang

"Laporan dari dinas terkait hari ini akan masuk kapal yang memuat barang kebutuhan pokok. Nanti akan kami buat perbandingan harga sebelumnya dengan harga saat ini," tuturnya.

Untuk mengantisipasi penimbunan barang kebutuhan pokok (panic buying), Laura menuturkan hal tersebut sudah diantisipasi oleh Satgas yang terdiri dari TNI-Polri.

"Dalam rapat koordinasi tadi sudah dibahas juga soal antisipasi penimbunan. Semoga tidak terjadi hal demikian. Pemda tidak tinggal diam. Situasi seperti ini butuh kerjasama semua pihak," ungkapnya.

Penulis: Febrianus Felis

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved