Berita Daerah Terkini

PT Sumber Kharisma Persada dan Cipta Narada Lestari Sosialisasi Jaga Kelestarian dan Bahaya Karhutla

PT. SKP & CNL melakukan sosialisasi guna menanamkan pengetahuan akan pentingnya menjaga hutan dan bahaya karhutla.

Editor: Amiruddin
HO/PT SKP & CNL
Suasana penyerahan bantuan pemadaman api oleh PT SKP & CNL ke KTPA Desa Ring-1 

TRIBUNKALTARA.COM - PT Sumber Kharisma Persada (SKP) dan Cipta Narada Lestari (CNL) dalam rangka mengimplementasikan komitmen kebijakan keberlanjutan (tidak ada deforestasi), melakukan sosialisasi guna menanamkan pengetahuan akan pentingnya menjaga hutan kepada Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) Desa Ring-1 di Kantor Desa Peridan, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur pada Rabu (31/8).

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan dihadiri oleh 35 peserta yang terdiri dari anggota KTPA, perwakilan manajemen PT. SKP & CNL, Perwakilan BPD, dan Kepala Desa Peridan, serta terlibat juga perwakilan dari Polsek Sangkulirang yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas.

Kegiatan dalam bentuk sosialisasi ini, merupakan usaha dalam membangun sinergi bersama dan sebagai jembatan bertukar pikiran berbagai pihak untuk turut serta menjaga kelestarian hutan.

“Sebagai perusahaan yang memegang prinsip keberlanjutan, besar harapan kami untuk menjalin sinergi dengan masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian hutan salah satunya dengan peningkatan pengetahuan dan kapasitas ke masyarakat sekitar,” ungkap Asisten Konservasi PT. SKP & CNL, Rozaqa Wahyurianto A

Salah satu kebijakan berkelanjutan yang dilakukan yaitu No Deforestation (tidak ada deforestasi), yang menyatakan bahwa PT SKP & CNL berkomitmen untuk melakukan konservasi di area hutannya serta akan melakukan kerjasama dengan komunitas lokal dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam mewujudkan kelestarian hutan berkelanjutan, peran serta setiap pemangku kepentingan memiliki arti penting dalam menyamakan pandangan untuk menjaga kelestarian hutan.

Menurut Rozaqa Wahyurianto A, PT. SKP & CNL berkomitmen untuk mematuhi regulasi undang-undang yang berlaku dan mendukung penuh aspek keberlanjutan dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan upaya konservasi yang terarah.

Pada kegiatan tersebut dilakukan pula peningkatan kapasitas KTPA berupa penyampaian materi dan simulasi penanggulangan kebakaran lahan oleh tim fire management PT. SKP & CNL.

Suasana di sela praktek pengendalian karhutla yakni simulasi penggunaan alat pemadam kebakaran
Suasana di sela praktek pengendalian karhutla yakni simulasi penggunaan alat pemadam kebakaran (HO/PT SKP & CNL)

Dari kegiatan peningkatan pengetahuan dan kapasitas, kedepannya KTPA tidak hanya menjadi ujung tombak dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, akan tetapi juga sebagai agen dalam kepedulian terhadap kelestarian hutan.

PT. SKP & CNL terus berfokus terhadap keberlanjutan bisnis prosesnya dengan mengandeng Desa Ring Satu yakni Desa Peridan, Desa Saka, Desa Mandu Pantai Sejahtera, Desa Mandu Dalam untuk turut serta dalam hal pencegahan dan penanggulangan Karhutla serta kebun dengan melakukan pembentukan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) Desa Perida, Desa Saka, Desa Mandu Pantai Sejahtera, Desa Mandu Dalam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved