Berita Nunukan Terkini

DPR RI Gandeng Kemenkop UKM Sosialisasikan Program Inkubasi Bisnis di Nunukan, Pemda Harus Punya ini

Anggota DPR RI, Deddy Sitorus gandeng Kemenkop UKM sosialisasikan program Inkubasi Bisnis di Nunukan: Pemda harus punya Lembaga Inkubator.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / FEBRIANUS FELIS
Antusias peserta sosialiasi menanyakan program inkubasi kepada pemateri, di Hotel Lenfin Nunukan, Rabu (14/09/2022), siang. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus gandeng Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) sosialisasikan program inkubasi bisnis di Kabupaten Nunukan, Rabu (14/09/2022).

Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengatakan, ekosistem wirausaha dari pembentukan new economy value membutuhkan digitalisasi dan proses inkubasi sebagai sarana untuk mewujudkannya.

Lebih lanjut Deddy Yevri Hanteru Sitorus sampaikan bahwa digitalisasi merupakan esensi dari akses pasar yang perlu dikembangkan UMKM agar lebih layak dan berdaya saing.

"Makanya program inkubasi pemerintah ini merupakan wahana efektif untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan, kemampuan, jaringan, dan wawasan berusaha," kata Deddy Sitorus kepada TribunKaltara.com, melalui telepon seluler, pukul 17.00 Wita.

Baca juga: Banjir Bandang di Krayan Nunukan Sebabkan Puluhan Petak Sawah Warga Gagal Panen, Camat Imbau ini

Menurutnya, lembaga inkubator sangat diperlukan untuk mendorong percepatan kewirausahaan nasional.

Lantaran proses inkubasi tersebut bisa mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha baru di Indonesia.

"Kami berharap program inkubasi bisnis dapat memberikan stimulus kepada wirausaha yang ada di Kabupaten Nunukan," ucapnya.

Deddy beberkan jumlah UMKM di Indonesia hingga saat ini sebanyak 64,2 juta unit.

Namun dari jumlah tersebut, hanya 17,45 persen yang memiliki jiwa kewirausahaan.

Sedangkan sisanya 82,15 % belum memiliki jiwa kewirausahaan. Sementara itu untuk masuk kategori maju, persentase wirausaha di sebuah negara harus mencapai minimal 4 persen.

Bagi Deddy, kehadiran wirausahawan baru menjadi penting, karena saat ini jumlah pengusaha di Indonesia masih tertinggal dibanding negara-negara lain.

Dia berharap juga program inkubasi bisnis ini, wirausaha pemula mampu menerapkan ilmu produktifitas sebagai pola hidup untuk lebih maju dan lebih baik.

"Kita harus bisa cepat mengejar ketertinggalan dengan negara lain. Bersikap produktif akan mendorong pelaku usaha di Kabupaten Nunukan menjadi lebih dinamis, kreatif, memiliki ide-ide baru dan aktif dalam perubahan," ujar Deddy.

Pemda Nunukan Harus Punya Lembaga Inkubator

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved