Berita Tarakan Terkini

Perbaikan Pipa Koneksi Masih Berlangsung Hari ini, Wali Kota Tarakan Khairul Ikut Tinjau Progresnya

Perbaikan pipa koneksi masih berlangsung hari ini, Wali Kota Tarakan Khairul ikut tinjau progresnya: Harapannya bisa mengatasi persoalan air bersih.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
DOKUMENTASI HUMAS PDAM
Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes saat meninjau ke Embung Indulung di Binalatung Kelurahan Pantai Amal, Sabtu (17/9/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Perbaikan pipa koneksi Indulung menuju Embung Binalatung terus dikebut.

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes melakukan peninjauan langsung progres perbaikan pipa pada Sabtu (17/8/2022) kemarin. Ia berharap, perbaikan ini secepatnya selesai dikerjakan.

"Sehingga harapannya bisa mengatasi persoalan air bersih yang disuplai oleh Embung Binalatung. Karena harapan kita itulah paling utama kalau tidak hujan," urai Khairul.

Jika melihat kondisi embung, debit air dan daya tampung Embung Indulung luar biasa. Bahkan lanjutnya, airnya meluap.

Baca juga: Lowongan Kerja, Pemkot Tarakan Buka Pendaftaran Penerimaan PPPK, Berikut Formasi dan Jadwalnya

"Kendala kemarin karena pipanya di-running ada yang bocor dan sedang diperbaiki. Tapi dari Balai Wilayah Sungai (BWS) PUPR Kalimantan V menjanjikan selesai," ujarnya.

Ia melanjutkan, pihaknya juga sudah berdiskusi dengan PDAM dan stakeholders menyikapi serius persoalan air bersih di Tarakan. Dan saat ini pihaknya sedang mencoba menggarap jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

"Karena Tarakan ini insyaAllah saya kira akan terus berkembang dan penduduknya pasti terus bertambah. Sehingga mungkin hari ini kita bisa mengatasi setahun dua tahun ke depan," ujarnya.

Ia melanjutkan, pihaknya mengapresiasi kinerja PDAM Tirta Alam Tarakan yang sekarang telah jauh membaik.

Dari hasil audit terakhir, PDAM memperoleh nilai audit 3,58 dan dari audit ini PDAM Tirta Alam berada di peringkat 14 Perusahan Daerah Air Minum dengan kinerja terbaik secara nasional.

“Kita harus pintar mengelola sumber daya, tidak boleh berpasrah pada keadaan,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya dilaporkan kebocoran pipa Balai Wilayah Sungai (BWS) PUPR Kalimantan V yang difungsikan mengirim air baku dari Embung Indulung ke IPA Kampung Satu.

Karena kondisi ini, pelayanan air bersih kembali terkendala, beberapa hari terakhir.

PDAM Tarakan ikut membantu perbaikan, yang berjalan kurang lebih tiga hari tiga malam bersama BWS PUPR Kalimantan V dan pengerjaannya masih berlanjut sampai siang ini, Minggu (18/9/ 2022).

Baca juga: Perdana Rumput Laut Tarakan Ekspor ke Vietnam, Pemilik Akui Gelontorkan Modal Tembus Rp 2,5 Miliar

"Alhamdulilah, hari minggu siang ini Intake Embung Indulung sudah dapat berfungsi normal kembali dan mampu mengirim air baku 140 liter per detik ke IPA Kampung I", jelas Direktur Perumda Tirta Amal Tarakan Iwan Setiawan dikonfirmasi, Minggu (18/09/2022).

Iwan menambahkan, saat ini produksi IPA Kampung 1 sudah di angka 210 liter per detik, dibantu dari intake sungai Binalatung 70 liter per detik.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala ke depannya. Embung Binalatung bisa segera pulih dengan ditunjang oleh Embung Indulung," pungkasnya. (*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved