Berita Tana Tidung Terkini

Diskominfo Kabupaten Tana Tidung Membuat Aplikasi Si Adek, Begini Alasannya

Kepala Diskominfo Tana Tidung, Uus Rusmanda mengatakan, ide pembuatan aplikasi Si Adek ini adalah, untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi.

Penulis: Risnawati | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/RISNAWATI
Kepala Diskominfo Kabupaten Tana Tidung, Uus Rusmanda mengatakan, Pemkab Tana Tidung akan segera menerapkan sistem administrasi elektronik. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANA TIDUNG - Dinas Kominkasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tana Tidung membuat aplikasi sistem administrasi elektronik.

Aplikasi tersebut diberi nama Si Adek, yang merupakan akronim dari sistem administrasi elektronik.

Kepala Diskominfo Tana Tidung, Uus Rusmanda mengatakan, ide pembuatan aplikasi Si Adek ini adalah, untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di lingkungan pemerintah Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara,

Baca juga: Pemkot Tarakan Dukung Digitalisasi Layanan Tanda Tangan Elektronik, Sosialisasi di Pemerintahan

Dia menambahkan, pemerintah Kabupaten Tana Tidung belum memiliki sistem pelayanan pemerintahan yang berbasis elektronik, baik di bidang pelayanan maupun bidang teknis.

"Kebetulan pada proyek perubahan Diklat Kepemimpinan tingkat II kemarin, saya menggagas digitalisasi birokrasi melalui sistem administrasi elektronik ini," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Selasa (4/10/2022)

Dengan tersedianya aplikasi elektronik ini, diharapakan mempercepat dan memperpendek jalur birokrasi yang rumit, lambat, dan terkesan terbelit-belit.

Baca juga: Sekda Risdianto Minta Para Kepala OPD Pemkab Bulungan, Segera Terapkan Tanda Tangan Elektronik

Dia menyampaikan, proyek perubahan ini adalah sebagian dari program dan kegiatan untuk mencapai sasaran dan tujuan visi-misi Bupati Tana Tidung.

Tahapan-tahapan pelaksanaannya, serta kajian-kajian teknis dan indentifikasi permasalahan yang ada, juga sudah digodok oleh tim untuk kesuksesan program dan kegiatan ini.

"Iya, supaya berjalan dengan baik dan lancar dengan melakukan penyiapan dokumen-dokumen pendukungnya serta infrastruktur jaringan digitalnya," katanya.

Bidang Informatika Diskominfo Tana Tidung, saat meninjau pembangunan BTS beberapa waktu lalu
Bidang Informatika Diskominfo Tana Tidung, saat meninjau pembangunan BTS beberapa waktu lalu (TRIBUNKALTARA.COM/ HO-Kominfo KTT)

Capaian dan progress pelaksanaan digitalisasi birokrasi melalui aplikasi Si Adek di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung ini, sudah sampai pada tahapan sosialisasi Peraturan Bupati ke semua stakeholder dan membentuk komitmen bersama perangkat daerah.

Dia menyampaikan, cukup banyak manfaat yang dirasakan apabila aplikasi Si Adek diterapakan nantinya.

Baca juga: Diskominfo Tana Tidung Sediakan WiFi Gratis di RTH Yoesoef Abdullah, Kecepatan Dibatasi 60 Mbps

Dia mengatakan, melalui aplikasi Si Adek dapat meningkatkan kinerja pemerintahan dan pelayanan publik di Kabupaten Tana Tidung dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Selain itu, dapat menekan inefisiensi dalam tata kelola administrasi pemerintahan dan pelayanan publik.

Kemudian, meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Memberikan kepuasan dan transparasi pelayanan publik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved