Berita Nasional Terkini

Ekonomi Indonesia Kuartal III/2022 Tumbuh jadi 5,72 Persen, Aman dari Resesi?

Tidak dapat dipastikan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik ini menghapus ancaman resesi Indonesia ke depannya.

Freepik.com
Ilustrasi ekonomi Indonesia resmi resesi, bagaimana dampaknya ke masyarakat. Tidak dapat dipastikan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik ini menghapus ancaman resesi Indonesia ke depannya. (Freepik.com) 

TRIBUNKALTARA.COM - Ekonomi Indonesia kuartal III/2022 tumbuh menjadi 5,72 persen, apakah dengan begitu negara akan bebas dari resesi yang diprediksi terjadi tahun depan?

Melansir Kompas.com, Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, selama 4 kuartal belakangan tren pertumbuhan ekonomi Indonesia terus meningkat.

Hal ini menunjukkan pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut dan semakin kuat.

"Ini tentu saja merupakan pencapaian atau prestasi dari seluruh masyarakat Indonesia yang di tengah terpaan kondisi global yang semakin tidak menentu kita masih bisa menjaga pertumbuhan ekonomi kita dan bahkan trennya menunjukkan semakin menguat," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (7/11/2022).

Kendati demikian, dia tidak dapat memastikan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik ini menghapus ancaman resesi ke depannya.

Pasalnya, untuk memproyeksi hal tersebut, harus diketahui bagaimana tren perkembangan ekonomi global dan seperti apa harga komoditas global ke depannya.

Lantaran kedua hal tersebut akan mempengaruhi ekspor Indonesia dan nilai tukar rupiah.

"BPS sudah melakukan proyeksi ke depan tapi untuk menganalisis lebih lanjut tentu saja ini perlu dikaji lebih mendalam," ucapnya.

Oleh karenanya, diharapkan kondisi global ke depannya akan terus membaik sehingga ekspor Indonesia semakin meningkat sehingga dapat melanjutkan pertumbuhan ekonomi ke depannya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sejak kuartal IV 2021 mengalami pertumbuhan di atas persen.

Mengutip Kontan.co.id, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal IV-2021 mencapai 5,02 persen dalam basis tahunan (year on year/yoy). Sementara pertumbuhan stagnan pada kuartal I-2022.

Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi Indonesia kemudian kembali naik pada kuartal II-2022 menjadi 5,45 persen (yoy) dan kuartal-III-2022 menjadi 5,72 persen (yoy).

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen, muncul pertanyaan apakah Indonesia aman dari resesi?

6 Risiko yang Bakal Dihadapi Indonesia

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved